Breaking News

Basitajik "Pacu Rakik" Olahraga Tradisional Meriahkan Kelurahan Koto Panjang Kota Solok


MWawasan, Solok~ Basitajik, sebuah olahraga Trdisional zaman dahulu yang mana saat ini diangkat  dan di budayakan lagi  oleh pemerintah Kota Solok dan masuk dalam salah satu destinasi wisata Kota Solok. setiap tahunnya basitajik ini digelar secara rutin juga sebagai sarana hiburan bernuansa tradisional untuk  masyarakat Kota Solok, 29/8.2018.

Basitajik adalah sebuah perlombaan tradisional, yang sarananya dari kumpulan rakit yang disatukan membentuk sebuah "Rakit" atau boleh juga disebut dengan Anyaman dari bambu .  rakit ini dahulunya dipakai oleh masyarakat untuk menyeberangi sungai. Bahkan ada yang menggunakan rakit untuk mengangkut hasil perdagangan , bahkan anggota TNI dari Kodim 0309 Solok juga ikut berlomba.

Bahwa Zul Elfian, Walikota Solok diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Pembangunan, Muhammad, mengatakan dalam perspektif internal pemerintahan, kami sangat berharap pelaksanaan basitajik atau pacu rakik dan memberikan dampak  positif terhadap perkembangan pariwisata daerah.

 Basitajik digelar untuk memperkenalkan budaya dan kearifan lokal, sehingga memacu kreatifitas dan sportifitas para generasi muda Kota Solok. Sehingga Kota Solok akan dikenal, dan ini merupakan tanggungjawab, tugas, juga peran  Dinas Pariwisata Kota Solok, ujarnya Muhammad.

Adapun basitajik diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara pemuda, masyarakat, tokoh masyarakat, dan pemerintah daerah Kota Solok. Basitajik ini juga menyasar kunjungan wisatawan baik lokal maupun nasional untuk datang ke Kota Solok. 

"Basitajik merupakan gagasan yang sangat bagus, penuh kekompakan, dan bagian dari upaya Kedepan basitajik ini akan jadi even besar dan tentu dukungan penuh dari masyarakat adalah yang utama", ungkapnya.

Tambahan Afrizal Pitok, ketua pemuda Koto Panjang, didampingi Ketua LPMK Koto Panjang,  mengatakan basitajik merupakan sebuah alek nagari yang rutin akan digelar di Kota Solok tutupnya pitok.

Kemudian Pemuda Koto Panjang itu siap memeriahkan untuk Basitajik tersebut. "Kami pemuda dan masyarakat Koto Panjang menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0309 Solok, Polres Solok Kota, OPD dan tokoh masyarakat Kota Solok.


#bayu