Breaking News

Musim Kemarau Diperkirakan Sampai September 2018, 7 Titik Api di Sarolangun Terpantau


MWawasan, Sarolangun~ Berdasarkan Surat Keputusan Penetapan oleh Bupati Sarolangun, tentang status kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Sarolangun, bahwa saat ini sudah ditetapkan siaga karhutla. Pasalnya saat ini sudah memasuki musim kemarau, yang diprediksi hingga sampai bulan September mendatang. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trianto, melalui Kabid Kedaruratan, Yen Iswadi, Senin (16/7) kemarin, mengatakan bahwa pihaknya memantau ada tujuh titik hotspot (panas. red), di sejumlah Kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun. 

Yakni Di Kecamatan Mandiangin, Kecamatan Pauh, Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Cermin Nan Gedang. "Titik hotspot ada 7 titik terpantau tadi malam, dan hari ini (kemarin. red) kita lakukan pengecekan, apakah memang ada api atau tidak,"  katanya saat diwawancarai para awak media. 

Pengecekan titik hotspot itu, kata dia, dilakukan oleh tim Satgas Karhutla Kabupaten, yang terdiri dari BPBD Sarolangun, KPHP, Manggala Agni, TNI/Polri serta intansi terkait. Hanya saja, hasil pengecekan tersebut belum diketahui, karena lokasinya sangat jauh, kemungkinan tidak ada signal atau jaringan telekomunikasi. 

" Kami selaku tim satgas sarolangun, manggala agni, TNI/Polri, KPHP turun ke lapangan jika ada titik api, dan dilakukan pengecekan kalau memang ada api segera dipadamkan. Tadi malam masuknya, dan hari ini dicek. Tapi belum ada hasil pengecekan karena lokasinya jauh, dan lokasi hotspot itu dari lahan masyarakat," katanya lagi.

Kemudian ia juga menegaskan untuk menghadapi dan mengantisipasi terjadinya Karhurla ini, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melaksanakan rapat koordinasi di ruang pola kantor Bupati Sarolangun, bersama tim satgas karhutla, instansi terkait serta tokoh masyarakat .

" Dalam waktu dekat kami akan lakukan rapat koordinasi tentang persiapan menghadapi karhutla. Dan kita prediksi kemarau ini sampai bulan september nanti, dan status saat ini sesuai SK penetapan Bupati sudah siaga karhutla," tukasnya.


#iksan