Breaking News

Komisi X DPR RI Merasa 'Surprise' Saat Kunker ke SMK-SMAK Padang


MWawasan, Padang~ Rombongan anggota Komisi X DPR RI memilih Sekolah Menengah Kejuruan - Sekolah Menengah Analis Kimia (SMK- SMAK) Padang untuk kunjungan kerja spesifik bidang  pendidikan vokasi di Sumatera Barat, Kamis (19/7/2018). Rombongan merasa 'surprise' melihat fasilitas laboratorium dan kegiatan siswa yang jauh lebih unggul dari SMK lainnya di Indonesia.

"Jujur, saya merasa sangat surprise melihat kegiatan siswa-siswinya yang kreatif dan produktif serta sarana prasarananya yang lengkap. Betul-betul SMK yang representatif dan ideal sebagai sekolah role model pendidikan vokasi," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Reni Marlinawati yang memimpin rombongan kepada wartawan.

Menurut Reni, yang lebih penting lagi adalah 'output' dari SMK-SMAK Padang ternyata langsung terserap di lapangan kerja. Ini merupakan tujuan progresif dari pengembangan SMK.

"Itu sebabnya Komisi X mendorong pengembangan SMK agar lulusan-lulusan yang dihasilkan terserap langsung di dunia kerja," kata politisi Senayan dari PPP tersebut.
Reni mengapresiasi SMK -SMAK Padang yang telah melahirkan lulusan berkompetensi yang langsung direkrut untuk bekerja oleh perusahaan dalam dan luar negeri.

"SMAK Padang patut diapresiasi karena lulusannya langsung bekerja. Ada yang perusahaan nasional, bahkan luar negeri," sebutnya.

Ke depan, kata Reni, Komisi X akan membantu memperjuangkan pengembangan SMAK Padang terutama untuk penambahan sarana dan prasarana. Anggaran untuk SMK ini diupayakan lebih besar lagi agar kegiatan proses belajar mengajarnya bisa lebih lancar dan lulusan yang dihasilkan semakin berkualitas serta siap kerja.

"Komisi X akan memperjuangkan anggaran untuk penambahan sarana dan prasarana SMAK Padang. Begitu juga untuk pengembangan SMK-SMK yang ada," tukas Reni.

Rombongan anggota Komisi X DPR RI yang berkunjung ke sekolah di bawah Kementerian Perindustrian ini, diantaranya terlihat Arzeti Bilbina, Yayuk Basuki, Ferdiansyah, Endre Syaiful dan Syofyan Tan serta beberapa orang lainnya.

Sementara itu, Kepala SMK-SMAK Padang Drs. Nasir mengatakan, kunjungan anggota Komisi X DPR RI memberikan suatu nilai yang berarti. Di satu sisi, SMAK Padang semakin mendapat perhatian dari pusat, sementara di sisi lain memperkuat image sekolah role model.

"Kunjungan ini memberikan arti bagi SMAKPA untuk memperkuat image sekolah sekaligus semakin mendapat perhatian pusat," ujarnya.


#rel/Buya