Breaking News

Kemarau, Waspada Kerbau dan Sapi Rawan Kena Serangan Penyakit Diare


MWawasan, Sarolangun~  Memasuki musim kemarau para peternak kerbau dan sapi diminta untuk mewaspadai penyakit yang menimpa ternak, berupa serangan penyakit diare. Hal itu dikatakan Peltu Kadiskanak, Asnawi, belum lama ini saat dikonfirmasi para awak media. 

Menurut Asnawi, pada daerah yang lokasinya musim kemarau akan kesulita  untuk mendapatkan bahan makanan seperti rumput yang segar, yang biasanya kerap di makan ternak. Ditambah lagi makanan yang akan dicerna ternak tersebur kerap kotor dan terkena debu. 

" Musim kemarau makanan kurang, kemudian makanan yang dicerna itu kena debu dan kotor, dan penyakit itu sering menyerang alat pencernaan. biasanya kalau musim kemarau ini kena diare, ternak besar seperti kerbau dan sapi, kita minta agar waspada," katanya. 

Selain memberikan makanan rumput yang segar, para ternak juga dianjurkan untuk diberikan minum air gula dan air asam, karena hal itu sebagai salah satu untuk mencegah penyakit itu timbul. Kemudian pemberian vaksin tetap dilakukan sekali enam bulan walaupun musim hujan atau kemarau itu sama, karena untuk kekebalan tubuh.

" Lebih kurang di sarolangun ini ada 8000 ekor kerbau dan sapi juga begitu, maka kita harap agar kesehatan hewan ini tetap terjaga. Kalau ada indikasi terkena penyakit segera laporkan ke kita," katanya lagi.


#Iksan