Breaking News

Gempa Berkekuatan 5,5 SR Guncang Solok, Satu Orang Tewas Akibat Tertimpa Dinding Rumah


MWawasan, Arosuka~  Seorang warga Dusun Rawang Jorong Lubuak Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok dikabarkan meninggal dunia akibat ditimpa dinding rumahnya yang roboh akibat diguncang gempa berkekuatan 5,5 SR, sekitar pukul 14. 58 WIB, Sabtu (21/7).

Korban Bustami Buyuang (63) saat gempa terjadi dikabarkan sedang tidur di rumahnya dan tak sempat menyelamatkan diri. Korban meninggal karena ditimpa dinding rumah yang terbuat dari susunan batu helowbrik. " Rumah korban juga ikut porak poranda. Sekarang korban sedang dievakuasi warga ke RSUD Arosuka," kata Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar.

Dari pantauan di lapangan, guncangan keras akibat gempa itu membuat hampir semua warga di sepanjang jalan Lubuak-Selasih dan Alapan Panjang berhamburan keluar rumah. " Mudah mudahan tidak ada korban lainnya," kata Syamsul Azwar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa dirasakan dalam skala V MMI di daerah Gunung Talang. Artinya, getaran dirasakan hampir semua penduduk, membuat tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, serta bandul lonceng dapat berhenti.

Gempa terjadi hari ini, Sabtu (21/7/2018), pada pukul 14.58 WIB. Pusat gempa ada di darat arah 9 km bagian tenggara Padang. Pusat gempa itu ada di kedalaman 10 kilometer.

Getaran gempa juga turut dirasakan di Kota Padang, Padang Panjang, Painan, Pariaman, Bukittinggi, Sawahlunto, dan Sijunjung. Getaran yang dirasakan di daerah tersebut mencapai II-IV MMI.


#Haluan/Mufri