Breaking News

Bulan Ini, Dana PKH akan Kembali Cair


MWawasan, Sarolangun~ Jika tidak ada aral melintang pada bulan Juli ini dana Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sarolangun, dari Kementrian Sosial RI akan kembali dicairkan. Sebanyak 10.200 lebih penerima keluarga Manfaat (PKM) yang tersebar di tiap kecamatan akan menerima langsung dana bantuan tersebut. 

Hal itu dikatakan oleh Peltu Kadis Sosial, Juddin, Kamis (05/7) kemarin, saat diwawancarai disela aktivitasnya. Menurutnya program PKH ini sebelumnya sudah pernah dicairkan pada Bulan Mei yang lalu, dan untuk tahapan selanjutnya akan kembali dicairkan, khususnya dalam memasuki ajaran sekolah yang baru. 
" Insa allah bulan juli ini akan cair dana PKH, melalui Bank BRI langsung, yang dikirim dari pusat ke rekening yang bersangkutan, sebanyak 10 ribu penerima," katanya. 

Program dana PKH ini lanjutnya, dengan peruntukkan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, biaya kebutuhan pendidikan anak sekolah seperti seragam, sepatu, buku tulis dan tas, serta biaya kesehatan ibu hamil. Bahkan program ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan peningkatan pendapatan keluarga miskin dan secara perlahan mendorong masyarakat untuk adanya perubahan prilaku dan kemandirian keluarga. 

" Ini seharusnya sebelum lebaran kemarin, namun karena dikhawatirkan akan digunakan untuk keperluan lebaran, maka dilakukan sesudah lebaran, karena ini untuk biaya pendidikan anak sekolah," katanya. 
"Di Kecamatan Sarolangun lebih kurang 400 orang dan paling banyak ada di Kecamatan Singkut dan Kecamatan Mandiangin, lebih dari 2000 penerima. dan data penerima mengacu pada data tahun 2011 dan validasi data tahun 2015 lalu, itu yang kita pakai sekarang," ungkapnya lagi.

Bagi yang tidak ikut, katanya, pihak Dinas Sosila tidak bisa menambahkan jumlah penerima program tersebut, karena tidak ada kewenangan. Hanya saja pihaknya bisa mengurangi penerima jika memang ada penerima yang sudah mampu.

" Kita tidak punya wewenang untuk menambah, tapi untuk mengurangi kita bisa, jika penerimanya sudah mampu," tukasnya.


#Iksan