Breaking News

Dilematis, Perbaikan SD Negeri Lauwa Terkendala Status Tanah

H. Mustari, S.Pd.I Kepala SD N Lauwa

MWawasan, Biringbulu (Gowa). Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri Lauwa yang terletak di kelurahan lauwa kecamatan biringbulu kabupaten gowa sudah seharusnya mendapat bantuan berupa pembangunan ruang kelas belajar (RKB) baru atau paling tidak ada perbaikan rehabilitasi berat atau ringan serta pembanguna sarana dan prasarana yang lain sebagai penunjang proses belajar mengajar disekolah ini, apalagi SD. Negeri Lauwa ini adalah sekolah inti di wilayah kecamatan biringbulu bidang pendidikan.

Sementara H. Mustari, S. PdI yang baru beberapa tahun diangkat menjadi kepala sekolah di SD Negeri Lauwa ini mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk memperbaiki kondisi bangunan sekolah yang ada di ibu kota kecamatan ini.

Lanjut Mustari menyebutkan kalau permasalahan yang ada di SD Negeri Lauwa ini sangat dilematis. Sebab, status lahan SD tersebut tidak ada kejelasan, sehingga perbaikan tidak bisa dilakukan, karena status lahan adalah salah satu persyaratan utama yang harus dilengkapi untuk mendapat bantuan pembangunan sekolah.

“Saat ini kami sedang menelusuri dokumen legalitas lahan tersebut,” karena tidak mungkin sekolah ini bisa dibangun jika dahulu tidak mendapat persetujuan dari pemilik lahan, pasti dulu ada surat kepemilikan entah itu berupa sertifikat atau akta hibah saja,  ujarnya.

H. Mustari sudah lama menjadi kepala SD Inpres Ciniayo sebelum dimutasi ke SD Negeri Lauwa yang keduanya masih di wilayah kecamatan yang sama. Baginya, ketidakjelasan lahan tersebut malah menghambat perbaikan dan renovasi sekolah.

“Jangan sampai perbaikan sekolah terkendala karena alasan tanah tidak jelas. Juga tidak mungkin bangunan sekolah itu dibiarkan, tanpa ada tindakan dari Pemerintah daerah kabupaten gowa melalui dinas yang terkait,” cetusnya.

Mustari juga berharap, status lahan tersebut bisa dicari dan ditemukan kejelasan. Sehingga proses perbaikan sekolah tersebut bisa lebih cepat. Oleh karena itu, ia kembali meminta kepada dinas terkait agar segera melakukan inventarisir status lahan SD yang ada di kabupaten gowa “Jadi bisa diketahui SD mana yang lahannya tidak jelas atau malah tumpang tindih,” sebutnya.

Dengan kejelasan status tanah, ia menilai, SD tersebut akan gampang menerima bantuan perbaikan. “Baik itu renovasi sedang memakai dana BOS, atau dana dana bantuan lain yang bersumber dari pusat yang diturunkan berdasarkan hasil survei,” jelasnya.

#Arfah/Ichwan