Breaking News

Akhirnya, Camat dari Kota Padang Terbaik di Sumbar


MWawasan, Padang~ Setelah lebih dari 25 tahun, belum ada camat terbaik dari Kota Padang yang berhasil menjadi yang terbaik pula pada penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat. Namun, pada tahun 2016 ini Kota Padang berhasil "mambangkik batang tarandam" dengan keberhasilan Camat Padang Barat Arfian menjuarai penilaian kompetensi camat tingkat provinsi.

"Setelah 25 tahun, akhirnya Arfian,  Camat Padang Barat berhasil mambangkik batang tarandam,” kata Sekda Kota Padang Nasir Ahmad saat dikonfirmasi terkait hal itu, Sabtu (25/6).

Nasir Ahmad menyebut, meskipun belum diumumkan secara resmi ke publik, namun Surat Keputusan (SK) tentang hasil penilaian kompetensi camat dari Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat sudah diterima Pemko Padang. "SK-nya sudah diterima Pemko Padang sejak beberapa hari lalu," katanya.

Ia juga mengungkapkan, tim penilai telah melihat apa yang dikerjakan Camat Padang Barat di wilayah kerjanya. Telah banyak perubahan-perubahan yang dilakukannya, baik di bidang pemerintahan, pelayanan publik maupun di bidang pemberdayaan masyarakat, semua itu sesuai tugas pokok dan fungsinya selaku camat.

Menurutnya, perubahan signifikan yang dilakukan diantaranya adalah penataan Pantai Padang. Dari kondisi yang sangat semrawut, hingga kini sudah mulai tertata dan bersih. Pedagang-pedagang yang ada di pantai tersebut sudah bisa diatur dan dipindahkan ke lokasi yang disediakan.

Dikatakan, semua itu tidak mudah tanpa peran camat yang mampu mengkoordinasikan semua pihak termasuk membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat.
"Semua itu dilakukan Camat Padang Barat dengan baik tanpa menimbulkan gejolak," tukuknya.

Selain itu, lanjutnya, kekompakan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Padang Barat merupakan nilai lebih dalam dukungan penataan di kawasan ini. Secara bersama-sama telah mampu mewujudkan suatu perubahan yang signifikan dalam pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan di bidang pelayanan publik, lanjut Sekda, terwujudnya Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamtan (PATEN) telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam berurusan di kecamatan Padang Barat.

"Dengan terpilihnya Arfian sebagai Camat Terbaik pada penilaian kompetensi tingkat Sumbar akan memberi motivasi untuk peningkatan kinerja seluruh camat di Kota Padang,"tutupnya.


#DU/Buya