Breaking News

Pemko Payakumbuh upayakan  agar Pasar Pabukoan Tak Ganggu Lalu Lintas 


MWawasan, Payakumbuh~ Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, akan mengupayakan aktivitas pasar pabukoan yang menjual panganan dan minuman takjil tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitar lokasi.
"Pemerintah akan berupaya memastikan kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi pasar pabukoan, salah satunya dengan menata para pedagang," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Payakumbuh, Rabu.

Penataan itu dilakukan agar tidak ada pedagang yang berjualan atau menggelar dagangan di badan jalan.

"Selain itu untuk memastikan kelancaran arua lalu lintas juga diperlukan penataan parkir. Hal teknisnya nanti akan dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait," katanya.

Selain kelancaran arus, hal lain yang menjadi fokus pemerintah setempat adalah memastikan kandungan makanan yang dijual para pedagang.
Terhadap para pedagang telah disosialisasikan agar tidak menggunakan bahan serta zat berbahaya dalam makanan.

"Jangan sampai ada pedagangan yang dijerat, karena nanti akan ada pemeriksaan langsung lapangan oleh dinas kesehatan, atau instansi lain seperti Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM)," katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Payakumbuh, Dahler, menyebutkan ada empat sentra Pasar Pabukoan di daerah setempat.
Empat sentra tersebut pertama berada di Pusat Kota, tepatnya di Jalan Sutan Usman, kemudian Simpang Parik, Limbukan, dan Pasar Padang Kaduduak yang baru beroperasi kurang dari sebulan.

Pada bagain lain, pihak Pemkot juga mengimbau agar para pedagang memunculkan beragam makanan tradisional daerah yang cocok untuk menu berbuka puasa.
 Keberadaan Pasar Pabukoan dipusat kota Payakumbuh pada Bulan Ramadhan selalu jadi tempat primadona bagi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan berbuka .

Selain warga kota Payakumbuh yang berbelanja ditempat ini .bahkan warga daerah tetangga lima Puluh Kota dan bahkan dari Agam dan  Tanah Datarpun ikut berbelanja dan  menikmati beraneka ragam masakan yang gelar di  pusat Pasar Pabukoan ini,
Mereka sengaja datang ke Payakumbuh sambil jalan jalan sore bersama keluarga sambil menunggu datangnya waktu berbuka ,


Dan bahkan tidak sedikit dari warga daerah tetangga ini yang sengaja mengagendakan jadwal berbuka bersama keluarga dan teman teman di pusat Kuliner Kota Payakumbuh.

Sepertiga halnya Kardiman 57 thn warga Agam yang sengaja mengagendakan  2 kali seminggu untuk berbelanja di pusat pasar Pabukoan Payakumbuh ini,dan itu kalau hanya berdua dengan istri datang ke Payakumbuh,.

 Sedangkan kalau dengan seluruh anggota keluarga sudah pasti langsung berbuka bersama di pusat kuliner Kota payakumbuh tuturnya  dengan logat Rang Agamnya pada wartawan koran ini saat kepergok wartawan berbelanja di pusat pasar pabukoan Payakumbuh.

Kardiman mengatakan pemerintah kota Payakumbuh  sangat tinggi kepeduliannya dalam hal pengelolaan pasar Pabukoan ini ,kita lihat sarana disediakan khusus serta didukung dengan pengawasan dan petugas keamanan sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi warga luar Payakumbuh, imbuhnya.


#Saiful Datuak