Breaking News

Terkendala Alat e-Voting, Pilkades Bakal Dilakukan Tiga Tahap


MWawasan, Sarolangun~  Rencana pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak dengan sistim elekronik atau yang disebut e-Voting, akan dilakukan tiga tahap. Artinya, dari 39 desa yang akan mengikuti Pilkades e-Voting akan dilakukan secara bergantian. 

Penyebabnya tidak lain karena minimnya peralatan dan perlengkapan elektronik untuk menunjang pelaksanaan e-Voting tersebut,  sehingga tidak bisa dilakukan secara serentak di 39 desa itu. 
Kadis PMD Ahmad Zaidan, mengakui hal tersebut, belum lama ini, ketika diwawancarai saat menghadiri sosialisasi e-Voting di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun. 

Disebutkannya,  saat ini pihaknya hanya memiliki 4 alat e-Voting dalam melaksanakan kegiatan pilkades itu. Ditambah dengan 20 alat e-Voting, yang disewa Pemkab dari Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) Jakarta, yang merupakan lembaga Non Kementrian yang berada dibawah koordinasi kementrian riset, tekhnologi dan Pendidikan Tinggi. 

" Perangkat elektronik kita kan tidak cukup, yang kita punya hanya empat dan
ditambah 20 alat kita sewa yang bekerja sama dengan BPPT, jadi adanya hanya 24 unit,  sedangkan kitakan 39 desa yang akan melaksanakan pilkades, sehingga tidak bisa dilakulan serempak, "kata Zaidan. 

Dengan kondisi itu, Lanjutnya. terpaksa dilakukan pilkades e-Voting ini dengan tiga tahapan. Dimana rencananya akan dilakulan pada Bulan Juli, Mendatang. 

Dari 39 Desa itu akan dibagi-bagi,  dengan jadwal pelaksanaan pilkades, diantaranya pertama pada 8 Juli.  Dilanjutkan 12 Juli dan 16 Juli,  pada tahapan kedua dan ketiga. Hanya saja ia belum menyebutkan desa apa saja yang akan melaksanakan pilkades pada tanggal yang disebutkan. 

" 8 juli ada beberapa desa, 12 juli dan tanggal 16 juli.  jadi tiga tahap kita lakukan,  pembagian wilayah ini melihat dari jarak tempuh, dan jumlah mata pilih,"jelasnya.

Kemudian, ia juga menegaskan pelaksanaan Pilkades sistim e-Voting ini, nantinya akan dilatih panitia pelaksananya di desa masing-masing,  oleh tim tekhnis Kabupaten. " Setelah sosialisasi ini, dimana kita latih tim tekhnis utama,  dan di lapangan nanti tim tekhnis ini akan melatih yang di desa, dan mudah mudahan berjalan lancar," tukasnya.


#Iksan