Breaking News

Rika : Masalah Perempuan dan Anak Tidak Bisa Diatasi DP3A Sendiri


MWawasan, Sarolangun Kabid Pemberdayaan Perempuan, Dinas DP3A Provinsi Jambi,  Rika Oktavi, menegaskan bahwa persoalan masalah perempuan dan anak yang terjadi di Kabupaten dalam Provinsi Jambi, tidak akan bisa teratasi jika hanya diatasi oleh Dinas DP3A semata, harus mendapatkan peran serta stake holder di jajaran Pemerintah Daerah,  serta organisasi perempuan yang ada di daerah itu sendiri.

Seperti yang terjadi Di Kabupaten Sarolangun,  tentu banyak kasus yang menyangkut masalah Perempuan dan Anak,  baik itu kekerasan, ataupun juga pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak. 

" Masalah masalah yang melibatkan perempuan dan anak anak tidak bisa dilakukan dinas DP3A sendiri, makanya harus melibatkan organisasi perempuan. saya pikir akan berjalan baik kalau di motori oleh Bappeda dan Dinas DP3A di daerah, "kata Rika, Selasa yang lalu (17/04) saat diwawancarai harian ini. 

Rika juga menyebutkan bahwa upaya mengatasi persoalan Perempuan dan Anak akan semakin solid dengan dibentuknya Kelompok Kerja Pengarusutan Gender (Pokja PUG) serta koordinasi kesetaraan gender, yang memang, pembentukan Pokja PUG ini langsung diketuai oleh Bappeda Sarolangun dan Sekretarisnya DP3A selaku leding sektornya. 

" Ketuanya bappeda dan sekretarisnya leding sektornya dp3a akan mengkonsolidasikan semua program dan kegiatan di opdnya yang upayanya untuk resfonsip gender,  jadi nanti bagaimana kegiatan yang ada di Semua skpd dalam kabupaten sarolangun ini, bisa memberikan akses manfaat yang sama terhadap laki laki dan perempuan,  "jelasnya. 

"  Ini sudah langkah awal karena di sarolangun ini dinas DP3A nya sudah berdiri sendiri dan sudah tercantum juga dalam visi misi pak bupati dan wakil bupati,  jadi sebenarnya poin poin hukum untuk menegakan pengarusutamaan gender itu sudah jelas,"  tambahnya. 

Ia juga mengapresiasi kepada Dinas DP3A Sarolangun, yang sudah melaksanakan kegiatan pembentukan Pokja PUG tersebut, dimana dirinya selaku nara sumber dari Provinsi Jambi memberikan arahan tentang efektifitas pokja pengarusutamaan kesetaraan gender tersebut. 

" Alhamdulillah saya atas nama provinsi jambi,  sudah difasilitasi memberikan arahan tentang efektifitas pokja pengarusutamaan kesetaraan gender di Kabupaten Sarolangun. mereka baru terbentuk tahun ini,  rakor ini dengan perwakilan organisasi perempuan, kita harap kedepan pemberdayaan perempuan bisa terlaksana," tukasnya.

#Iksan