Breaking News

Bupati Cek Endra Tinjau Anak Ponpes  Sholat Berjamaah di Halaman Lokal


MWawasan, Sarolangun~ Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra,  ternyata sudah lama mengamati kondisi Pondok Pesantren Rahmatul Ummah, Tanjung Rambai,  Kelurahan Gunung Kembang, Kecamatan Sarolangun.  Ia mengaku prihatin atas kondisi Ponpes tersebut yang sangat membutuhkan bantuan agar anak-anak di Pesantren tersebut bisa belajar dengan baik dan nyaman. 

Bahkan ia juga merasa terketuk hatinya,  melihat anak-anak pesantren disana dalam melaksanakan sholat berjamaah, di halaman atau disamping lokal, karena memang di pesantren tersebut belum memiliki mesjid yang bisa menampung ratusan anak pesantren untuk melaksanakan sholat berjamaah.

" Alhamdulillah, ya hari ini kita melaksanakan sholat ashar berjamaah bersama anak anak pondok pesantren Rahmatul ummah di tanjung Rambai ini, saya sudah lama mengamati bahwa di ponpes ini setiap sholat ashar berjamaah, anak anaknya tidak mendapatkan fasilitas sholat yang baik,  sehingga sholatnya di peteran lokal lokal yang ada saat ini. makanya saya sengaja datang kesini melihat kondisi ril yang ada saat ini,  "kata Cek Endra, Selasa yang lalu (17/04) kemarin. 

"  Muridnya ada 700 orang lebih, tapi lokalnya kurang, mushollanya tidak ada,  dan sarana sarana lain yang harus perlu dilengkapi.  kita merasa terpanggil harus yang seperti ini kita bantu, jangan sampai anak anak kita seperti itu,  "jelas Bupati. 

Atas kondisi itu,  Kata Cek Endra pada tahun 2018 ini,  Pemkab Sarolangun akan membantu pembangunan satu mesjid di Pondok Pesantren tersebut,  yang kemudian nanti akan dibantu lagi beberapa sarana prasarana belajar seperti Ruang Belajar, Asrama dan juga perpustakaan pesantren.  Hanya saja,  lanjutnya,  bantuan itu akan digulirkan secara bertahap,  hingga nanti kebutuhan yang selama ini dikeluhkan bisa teraratasi. 

" Tahun ini kita bantu pembangunan satu unit mesjid di sebelah kanan akan dibangun, dan juga ruang belajar nanti, dan tentu masih banyak lagi yang perlu dibantu,  asrama,  dan juga perpustakaan,  tapi ini secara bertahap.  Karena disini muridnya banyak tapi lokalnya kurang,  ini perlu peran pemda,  insa allah akan kita bantu yang menjadi kekurangan di ponpes ini, "sebutnya. 

Mesjid yang akan dibangun ini,  Cek Endra bilang akan dibangun mesjid yang terbuka, yang nantinya akan menampung para anak pesantren melaksanakan kegiatan sholat lima waktu secara berjamaah serta kegiatan keagamaan lainnya. Jika memang, nanti masih tidak bisa menampung,  maka pembangunan mesjidnya akan lebih mudah,  cukup menambah bangunannya saja. 

" Mesjid yang kita bangun terbuka,  hanya depannya saja ditutup,  karena jika nanti tidak muat,  maka hanya menambah bangunannya saja, dan yang kita bangun ini paling tidak anak anak bisa melaksanakan sholat berjamaah," tukasnya.


#Iksan