Breaking News

Susu Padang Panjang Dilirik Fonterra Brand New Zealand

 MWawasan, Padang Panjang ~ Produksi susu sapi peternak Padang Panjang, dilirik dan diminati perusahaan  Fonterra Brand, New Zealand.

Dalam kunjungannya ke Padang Panjang, Senin (12/3), GM Global Diary Development Fonterra, Mr. Criss Ward, mengungkapkan minat perusahaanya terhadap susu Padang Panjang.

Ketertarikan produsen sejumlah merek susu terkenal dan pemasok hampir 30 persen kebutuhan susu dunia itu, diwujudkan dengan penanda tanganan perjanjian nota kesepahaman antara pemerintah Kota Padang Panjang dengan PT. Fonterra Brand Indonesia.

"Kita sudah menandatangani nota Kesepahaman Klaster Kemitraan Persusuan di Aula Lt.III Balaikota, Senin kemaren," ujar pjs Walikota Padang Panjang, Irwan, S.Sos, MSI, Selasa (13/3) pagi kemaren.

Penandatangan tersebut disaksikan sejumlah pejabat Pemko, perwakilan peternak Padang Panjang dan pihak PT Fonterra Brand.

Terlihat dalam acara MoU tersebut, Ketua DPRD Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, Plt.SekdaIndra Gusnady, SE, M.Si, Kadis Pertanian Syahdanur, GM Global Diary Development Forterra New Zealand Mr. Cris Ward, perwakilan Dinas Peternakan Sumbar dan sejumlah petani sapi perah yang ada di Kota Padang Panjang.

Presiden Direktur PT. Fonterra Brand Indonesia Mr.Sekhar Rapaka dalam menyebutkan bahwa PT. Fonterra Brand Indonesia adalah pemegang merek sejumlah produsen susu di Indonesia serta  sebagai perusahaan pemasok 30 persen kebutuhan susu dunia.

"Kami melihat, potensi susu sapi perah Padang Panjang, sangat bisa dikembangkan menjadi produsen susu sapi terbesar ke dua di Indonesia, setelah pulau Jawa," sebut Sekhar Rapakha.

Ia membeberkan, eksistensi perusahaanya, sudah dimulai sejak tahun 2012 lalu dan telah memberikan pembinaan dan pendampingan kepada banyak petani sapi perah di tanah air.

Dan Sheker berharap, melalui kerjasama tersebut, sekitar 300 peternak yang ada di Padang Panjang bisa memanfaatkan keahlian kelas dunia Fonterra dalam bidang persusuan.

Menurut Shaker, klaster kemitraan persusuan ini, ditujukan untuk mendukung peternak sapi perah di Padang Panjang dalam meningkatkan pasokan produksi dan kualitas susu, meningkatkan populasi sapi perah serta menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan peternak itu sendiri.

Pjs. Walikota Padang Panjang Irwan, S.Sos, MM mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kepedulian PT. Fonterra Brand Indonesia dalam menjalin kemitraan persusuan bersama koperasi susu sapi perah yang ada di Kota Padang Panjang.

“Tidak diragukan lagi, sebagai produsen susu internasional, dengan kualitas produk yang dihasilkan, Fonterra juga memiliki 100 ribu peternak di New Zealand.

Jika satu perternak memiliki 400 ekor sapi saja di New Zaeland,  berapa ribu liter susu yang dihasilkan perharinya. Jadi, tidak heran kalau Fonterra mensuplai kebutuhan 30 persen susu dunia,” ujar Irwan.

Selain melakukan penandatangan kerjasama, jsaat itu uga diserahan bantuan kepada Koperasi Sapi Perah Merapi Singgalang,  berupa sejumlah unit alat pengolahan susu.

Dikesempatan itu, turut diadakan acara pemberian penghargaan kepada wanita lulusan dari Women in Dairy dalam rangka Hari Perempuan Sedunia.(Red/bud)