Breaking News

Setdako Padang Buka MTQ ke 38 Kecamatan Padang Utara


MWawasan, Padang~ Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Padang Utara memiliki nuansa berbeda. Mimbar utama tidak berlokasi di lingkungan masjid tetapi dipusatkan di kaki bukit dekat kantor lurah Gunung Pangilun.

Pembukaan MTQ didahului dengan pawai taaruf yang melintasi mimbar kehormatan di Jalan Gajah Mada. Peserta pawai mencapai seribuan orang, terdiri dari kafilah utusan 7 kelurahan dengan menampilkan kreasi masing-masing, Minggu (18/3/2018).

Sekretaris Daerah Kota Padang Ir. Asnel M.Si didampingi Wakil DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra, Plh. Kemenag Kota Padang, Staf Ahli, Camat Padang Utara dan Lurah Gunung Pangilun menabuh bedug bersama menandai dimulainya perhelatan dua tahunan tersebut.

Sekda Padang menyebut, antusias masyarakat Padang Utara khususnya Gunung Pangilun membuat semarak pelaksanaan MTQ. Itu terlihat dari ramainya peserta pawai dan kehadiran berbagai unsur.

"Masyarakat tampak antusias di Gunung Pangilun sehingga acara pembukaan semarak," kata Asnel.

Menurut Asnel, tujuan pelaksanaan MTQ memang untuk lebih semaraknya syiar islam dengan membumikan Alquran. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk lebih memahami dan mencintai kitab sucinya. Niscaya nilai-nilai yang terkandung di dalamnya akan dijadikan pedoman untuk diimplementasikan dalam kehidupan.

"MTQ akan membuat Syiar Islam lebih semarak dan nilai-nilai alquran niscaya diimpelementaaikan dalam kehidupan," sebut Asnel.

Disamping Sekda yang mewakili walikota, Wakil Ketua DPRD Kota Padang dan Camat Padang Utara Editiawarman juga memberikan sambutan.

Camat Editiawarman mengatakan, pada MTQ ke-38 ini diharapkan melahirkan qori dan qoriah mumpuni yang nantinya bisa mencapai prestasi tingkat kota, provinsi dan nasional.
"Kita harapkan dari ajang MTQ kecamatan ini lahir qori-qoriah terbaik yang akan mewakili Padang Utara pada tingkat lebih tinggi," kata camat.

Lurah Gunung Pangilun Andi Amir selaku tuan rumah mengatakan, kegiatan ini terselenggara karena peran serta semua elemen masyarakat. "Tanpa leterlibatan semua elemen, mulai dari tokoh masyarakat, perangkat lelurahan dan kecamatan, MTQ ini tidak mungkin terlaksana," ujar Andi.

Ia menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan semua pihak yang berpartisipasi untuk pelaksanaan MTQ yang dituanrumahi Gunung Pangilun.

#th/Buya