Breaking News

Dian Fadly Berikan Penyuluhan Kesehatan kepada Warga Pasar Usang

MWawasan, Padang Panjang ~ Dian Fadly, istri Calon Wali Kota (Cawako) Padang Panjang memberikan penyuluhan kesehatan kepada puluhan masyarakat di kota julukan Serambi Mekah itu, Sabtu (10/3) lalu. Bagi Dian yang merupakan calon dokter spesialis jantung, kesehatan merupakan modal awal dalam membangun Padang Panjang.

Penyuluhan kesehatan dilaksanakan di Jembes, Kelurahan Pasar Usang Padang Panjang Barat. Tak hanya Dian Fadly, Era Asrul yang merupakan istri Cawawako Padang Panjang juga ikut memberikan penyuluhan kepada peserta yang berasal dari kalangan lansia.

Apa yang dilakukan keduanya sejalan dengan visi dan misi calon pimpinan Padang Panjang, Fadly Amran -Asrul. “Penyuluhan ini untuk meningkatkan kualitas hidup warga Padang Panjang. Jika warga sehat, pembangunan akan berjalan dengan baik,” papar Dian.

Tampak tatapan mata dari masyarakat tertumpang harapan besar kepada dr. Dian saat berlangsungnya diskusi. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat lansia yang ingin bertanya seputar masalah kesehatan, dan itu dijawab dengan jelas oleh dr. Dian, secara medis calon dokter spesialis jantung. Diskusi kian hangat sewaktu Dian membahas program gelang jantung, yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang menderita sakit jantung.

“Sakit jantung ini merupakan sakit yang membutuhkan penanganan khusus bagi penderitanya. Upaya pengobatan berpacu dengan waktu. Terlambat saja sedikit, bisa tidak dapat tertolong. Tapi dengan adanya gelang jantung, diharapakan akan sangat membantu. Gelang jantung yang diberikan serupa alarm. Kalau ada masyarakat yang tiba-tiba dapat serangan jantung, tinggal memencet tombol yang ada pada gelang. Pertolongan akan segera datang,” papar Dian.

Penyuluhan panjang lebar yang diberikan oleh dr. Dian ternyata dipahami oleh para peserta dan menjadi ilmu bagi mereka. Kehadiran Dian dan Era juga menjadi pelecut semangat bagi warga untuk terus hidup sehat.

Beberapa momen haru terjadi dalam diskusi. Seorang peserta, Eti (55) sempat beertanya kepada dr. Dian seputar maslah kesehatannya. “Belakangan saya sering merasa tidak nyaman. Jantung sering berdetak tak menentu. Semua terjadi setelah saya kehilangan putra saya,” tutur Eti.

Mendengar kisah Eti, Dian Fadly dan Era Asrul langsung menghampirinya. Memberi semangat. Sebagai ibu, keduanya turut merasakan kepedihan yang dialami Eti. “Kita harus sabar bu. Semuanya milik Allah, dan kita semua akan kembali kepadaNya” ujar Dian dengan lembut yang membuat suasana haru seketika.

Iwan (60), seorang peserta mengaku sangat kagum pada dr. Dian, yang meski sibuk sebagai dokter tapi tidak lupa untuk mendukung suami serta turun langsung ke tengah nasyarakat. Dengan berprofesi sebagai dokter, Dian sangat menunjang visi misi Fadly – Asrul yang ingin meningkatkan kesehatan masyarakat Padang Panjang. “Saya melihat ada ketulusan dan kesungguhan Fadly dalam membangun Padang Panjang,” papar Iwan. (red/ril)