Breaking News

Bupati Ajak Jauhi Narkoba Karena Bahaya Terhadap Generasi Muda


MWawasan, Sarolangun (JAMBI) Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra mengakui tingginya peredaran narkoba di Sarolangun, hal ini dikatakannya pada rapat Forum Konsultasi Publik Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sarolangun tahun 2019, Kamis (15/3) di aula Bappeda Sarolangun. 

Pada rapat tersebut dibahas permasalahan dan kebutuhan masyarakat dalam pembangunan yang diusulkan pada Musrenbang tingkat desa dan kelurahan sampai di tingkat kecamatan.

"Sarolangun termasuk tinggi peredaran narkoba, pencabulan apa ide kita agar anak kita tidak terkena narkoba", kata Cek Endra.

Keseriusan Pemimpin Sarolangun ini dalam memberantas narkoba juga terlihat dari niat baiknya yang berencana membuat anggaran khusus pada APBD Kabupaten Sarolangun untuk memberantas narkoba di Kabupaten Sarolangun. "Anak kita jangan sampai terkena narkoba, nanti kita anggarkan di dalam APBD untuk pembinaan anak agar jauh dari pengaruh narkoba", lanjutnya.

Langkah-langkah yang telah dilakukan Cek Endra dalam membina masyarakat Kabupaten Sarolangun,diantaranya dalam bidang keagamaan. Langkah ini terbukti dengan banyaknya pembangunan rumah ibadah (masjid dan mushala), pembinaan dan pengembangan pondok pesantren, pengangkatan tenaga Dai/Daiyah dan 1000 guru mengaji di seluruh desa/kelurahan se Kabupaten Sarolangun. Bukan itu saja, bagi siswa sekolah diwajibkan membaca Alquran sebelun dan sesudah proses belajar dan mengajar dan juga shalat berjamaah di sekolah.

Menurut Cek Endra, pendekatan di bidang keagamaan ini dinilai ampuh membentengi masyarakat dan generasi muda dari perbuatan yang merugikan dan tercela. Seiring dengan program keagamaan tersehut, Cek Endra akan meningkatkan konsentrasinya pada generasi muda agar terhindar dari narkoba dengan menerbitkan Perda (Peraturan daerah), "Semua himbauan akan kita jadikan perda, termasuk tentang pencegahan dan pemberantasan narkoba",  tutur Cek Endra.

Pada acara yang diikuti oleh para kepala OPD Pemerintah Kabupaten Sarolangun tersebut, Cek Endra meminta agar semua pejabat dan masyarakat Kabupaten Sarolangun ikut membantu. "Bantu saya mengatasi permasalahan narkoba, apa pun yang diperlukan kita rencanakan pekerjaan dan anggarannya, karena kalau semua anak kita kena narkoba , karam kita,"  urai Cek Endra.

Tegasnya lagi, rusaknya negeri ini adalah karena narkoba. "Rusak negeri ini karena narkoba, kasus yang ada pada umumnya karena pelakunya terlibat narkoba," tutup Cek Endra.


#Iksan