Breaking News

Kecamatan Mandiangin Pelaksana Terbaik Penyaluran Rastra 2017


MWawasan, Sarolangun~  Kecamatan Mandiangin menjadi Kecamatan Terbaik I dalam penyaluran Program Beras Sejahtera (Rastra) tahun 2017 yang lalu,  yang diumumkan pada sosialisasi Program Bantuan Sosial (Bansos)  Beras Sejahtera (Rastra), pada pertengahan minggu yang lalu.

Kala itu,  Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri menyerahkan bingkisan serta piagam penghargaan kepada para Camat yang dinobat sebagai pelaksana terbaik I,  II dan III pada program Rastras tahun 2017.

Kecamatan Mandiangin menjadi peraih terbaik I,  disusul Kecamatan Sarolangun sebagai Terbaik II dan Kecamatan Pauh sebagai Terbaik III. Karena ketiga kecamatan tersebut,  selain penyaluran beras sejahtera cepat dan tepat sasaran,  juga tidak mengalami penunggakan, karena tahun 2017 yang lalu,  Rastra masih harus ditebus oleh masyarakat sebesar Rp 1.600 perkilo gramnya.  

Namun,  pada tahun 2018 ini program Rastra sudah diubah menjadi program Bantuan Sosial Beras Sejahtera,  yang mana Pemerintah menanggung semua biaya beras sejahtera yang akan diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan Pemerintah yang akan membayarkan kepada Bulog di daerah masing-masing. 

Camat Mandiangin,  Trianto kepada media ini,  Kamis (22/02) menyampaikan terima kasih atas dukungan para kepala desa dan masyarakat yang sudah menjalankan penyaluran beras sejahtera tahun 2017 yang lalu dengan maksimal. 

Ia berharap hal tersebut terus dilakukan pada masa yang akan datang,  apalagi pada tahun ini tidak ada lagi pungutan kepada masyatakat.

"Alhamdulillah,  program Rastra tahun 2017 yang lalu,  kita diberikan sebagai pelaksana terbaik I,  dan ini tentunya berkat dukungan dari semua pihak,  terutama para kepala desa dan masyarakat.  maka dari itu kedepan saya harap mari kita tingkatkan lagi kerja sama kita dalam mensukseskan program ini agar memang benar benar dinikmati masyarakat khususnya yang kurang mampu," kata camat.

Sebelumnya,  Wakil Bupati Hillalatil Badri mengatakan dengan adanya penyaluran bantuan sosial rastra ini dapat menyalurkan ketersedian beras bagi masyarakat miskin di Sarolangun.

"Efektifitas penyaluran bantuan rastra ini harus tepat sasaran, dapat dikelola dengan sebaik mungkin sehingga bermanfaat bagi masyarakat kita," jelasnya.

Selain itu,  kepada seluruh stake holder,  tim koordinasi Kabupaten,  para camat,  lurah dan kades diharapkan untuk menyakurkan bantuan sosial rastra ini penuh dengan tanggung jawab dan melakukan pengawasan yang intensif agar bantuan pangan ini tepat sasaran.

Pada intinya bantuan sosial rastra ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan bagi yang belum lunas biaya rastra tahun lalu agar segera diselesaikan sehingga tidak ada lagi hambatan, tukasnya.


#Iksan