Breaking News

E-planning Diharapkan Bisa Menjamin Semua Usulan Musrenbang Terekam Baik



MWawasan, Sarolangun~ Akhir bulan Februari ini sedang gencarnya dilakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)  Ditingkat Kecamatan,  dimana setidaknya hingga saat ini sudah tiga kecamatan yang telah melaksanakan kegiatan musrenbang tersebut. Ketiga Kecamatan tersebut,  yakni Kecamatan Sarolangun, Kecamatan Limun dan Kecamatan Mandiangin. 

Kepala Bappeda,  Ir Dedi Hendri,  Kamis (22/02) kemarin,  saat diwawancarai media ini mengatakan bahwa saat ini pelaksanaan musrenbang sudah diterapkan sistim informasi Perencanaan dan pembangunan atau e-planning. dimana dengan sistim aplikasi ini,  diharapkan menjamin usulan musrenbang  baik di Desa dan kecamatan terekam dengan baik,  dan tentunya akan terakomodir. 

"Sa'at ini kita masih musrembang di kecamatan hingga 8 Maret mendatang,  tingkat kabupaten lnsaAllah pertengahan bulan depan dan kita mulai e planing, yakni sistim aplikasi,  yang diharapkan bisa menjamin terekam dan terakomodir di APBD 2019 mendatang, "katanya saat ditemui usai menghadiri Musrenbang Kecamatan Mandiangin. 

Aplikasi e planing ini,  lanjutnya.  pihaknya akan memberikan ID atau tanda pengenal serta kata sandinga, bagi masing pengusul,  di tingkat Desa dan kecamatan.  Kemudian di tiap desa dan kecamatan itu akan ditunjuk administratornya. 

"Akan kita berikan ID,  tanda pengenal semacam kunci masuk. tingkat desa akan kita tunjuk admin,  merekalah yang akan menyampaikan usulan hasil musrenbang itu kedalam eplaning kita," jelasnya.

Kemudian,  bukan hanya perangkat desa dan kecamatan,  dari sisi dewan pihaknya juga akan memberikan id, sehingga masing masing dewan akan menyampaikan hasil pokok pikiran mereka dalam sarana e planing. 

"Nanti DPRD kita minta rencanakan bulan Maret akan kita sampaikan ke dewan, karena e-planing ini bagian komitmen pak bupati dan ketua dewan, jelasnya. 

Ketika ditanya,  pada Musrenbang Kecamatan tahun 2018, mayoritas usulan dibidang apa saja?  dirinya menjawab,  secara umumnya masih dibidang infrastruktur. Seperti di kecamatan mandiangin,  katanya masyarakat mengusulkan pembangunan tugu,  stadion mini, kegiatan lain yang menurut mereka mendesak untuk dilaksanakan,  kemudian ada juga usulan pelebaran jalan minta dibuat dua jalur,  usulan pengaspalan jalan. 

"Lebih banyak infrastruktur,  terutama di mandiangin dalam,  usulan pengaspalan jalan dibeberapa desa, apalagi kita tahu juga diusulkan pemekaran  termasuklah bagian dari itu,  kalau memang jadi insa allah ini akan saling mendukung. masukan masyarakat akan kita tampung,  dan dimasukkan e planing," tukasnya.


#Iksan