Breaking News

Dinas Pendidikan OKI Menggelar Orientasi Pramuka


MWawasan, Kayuagung (OKI)~ Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui Sub Bidang SMP menggelar kegiatan Orientasi Pramuka KaMabigus, Kamis (1/2/2018).

Kegiatan ini digelar SMPN 3 Kayu Agung, Kabupaten OKI, yang dihadiri oleh Seketaris Disdik Oki, Imam Tohari. S.Pd Kabid SMP, Dedi Rusdianto, S.Pd juga Kasi bidang SMP, Marlian S.Pd dan diikuti oleh peserta lebih kurang 80 Kepala Sekolah SMP yang ada di 18 Kecamatan Kabupaten OKI.

Kepala Dinas pendidikan (Disdik) Kabupaten OKI H.Drs.Masherdata Musa,  M.Si melalui Seketaris Disdik OKI Imam Tohari. Spd selaku Waka Binawasa di dampingi Ketua Pusdiklatcap Oki Zulkarnain TZ dalam kata sambutannya mengatakan,” tujuan Orientasi Pramuka KaMabigus adalah untuk membentuk Pramuka agar memiliki keperibadian yang beriman bertakwa, berahlak mulia berjiwa patriot, taat hukum, disiplin menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) mengamalkan nilai-nilai Pancasila serta melestarikan linkungan hidup, kata Imam.

Imam Tohari dalam kesempatan itu juga memberi sambutan kepada peserta KaMabigus yang hadiir. Imam mengharapkan,” bagi Peserta KaMabigus yang mengikuti Orientasi Pramuka yaitu Peserta Pramuka dapat mampu melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan Prinsip Dasar Pramuka, Peserta dapat meningkatkan kinerja sehingga menjadi professional, Peserta mampu menyusun Rencana Kegiatan dan memperaktekan di lapangan, Peserta mampu melakukan upaya-upaya inovasi sebagai wacana implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik dan pembelajaran serta bahan pelajaran yang dipakainya, Peserta diharapkan dapat menjaga nama baik peramuka Negara Indonesia,“  harapnya.

Selanjutnya Imam menambahkan, "saya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan orientasi pramuka ini,semakin dapat mendorong perkembangan Gerakan Pramuka, utamanya pada Kepala Sekolah(Kepsek) tingkat SMP, dan dengan adanya orientasi ini kita harapkan gerakan pramuka semakin lebih baik lagi, dan menjadi bekal kedepannya. Bagi, saya(red-imam) hasil dari sini kita bisa dapat sampaikan dan dipraktekkan kepada anak didik kita disekolah. Sekali Pramuka tetap Pramuka, karena gerakan pramuka sudah memiliki andil besar di Kabupaten Oki ini,” ungkapnya.

Masih dilanjutkan Imam Tohari, bahwa maju dan mundurnya gerakan Pramuka sangat berperan sekali kepada KaMabigus baik SD, SMP maupun SMA, tidak ada artinya kalau tanpa Kamabigus, karena Kamabigus merupakan tunas awal dan ujung tombak perkembangan Pramuka yang lebih baik, Pangkasnya.


#Febri