Breaking

Tuesday, February 6, 2018

Dinas Pendidikan OKI Gelar Sosialisasi Penggunaan Dana Bos


MWawasan, Kayuagung(OKI)~Dinas Pendidikan(Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  Sumatera Selatan Sumsel mengadakan sosialisasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi Kepala Sekolah(Kepsek) dan bendahara di wilayah Kabupaten OKI, Selasa (31/1/2018).

Kepala Dinas Pendidikan(Disdik) OKI H. Masherdata Musa  melalui Kepala Sub Bagian (Kasubag) Perencanaan Ali Rahman Kadir SPd mengatakan, bahwa penggunaan dana BOS harus sesuai dengan juknis dan juklak BOS 2018 yang sesuai dengan aturan Pemerintah, seperti laporan perencanaan secara online dan dapat dipertanggung jawabkan oleh Kepala Sekolah(Kepsek) serta bendahara,  kata Kepala Sub Bagian Perencanaan Disdik OKI, Ali Rahman Kadir SPd, yang bertindak selaku narasumber.

Ali mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan penggunaan dananya dapat tepat pada sasaran serta pertanggung jawaban keuangannya tertib administrasi, transparan, akuntabel dan terhindar dari penyimpangan-penyimpangan, harapnya.

Selanjutnya Ali menjelaskan, saat ini pihak sekolah wajib membeli buku sesuai dengan kurikulum yang dipakai serta jumlah sebanyak siswa. Untuk penggunaan dana pembelian buku, jangan membeli buku diluar 10 perusahaan yang direkomendasikan oleh Kemendikbud, dan carilah harga terendah atau standar Harga eceran tertinggi (HET) serta dibeli secara online, jelasnya.

Sementara Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kota Kayuagung Oki, Gusjang S.Pd mengatakan,” kegiatan sosialisasi Dana BOS ini diikuti oleh 37 Kepala Sekolah(Kepsek) dan bendahara SD/MI se Kecamatan Kota Kayuagung OKI.

“Kami selaku UPTD(red-Gusjang),” tentunya sangat mendukung dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang cara penggunaan dana BOS, mengingat anggaran dana BOS yang dulu dikelola oleh pemerintah pusat, kini pada tahun 2018 dikelola langsung oleh pemerintah daerah,” tuturnya.

Pihaknya tentunya berharap, seluruh laporan sekolah tentang penggunaan Dana BOS tidak menemui kesulitan dan hambatan, meskipun saat ini diterapkan dalam bentuk laporan secara online. Begitu juga harapan kepada Pemerintah Daerah, semoga tidak kewalahan untuk mengurusi penggunaan Dana BOS seluruh sekolah Kabupaten OKI.


#Febri

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas