Breaking News

Cek Endra Tekankan Kades Gunakan Dana DD Dan P2Dk Dorong Potensi Wisata


MWawasan, Sarolangun~ Dalam acara kunjungan Kerja Ke Kecamatan Air Hitam,  Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra didampingi Wakil Bupati Hillalatil Badri belum lama ini, Dia meminta agar camat yang baru Imron dan para kepala desa untuk menggali potensi lokal diantaranya potensi wisata dan perekonomian masyarakat.

Menurutnya Kecamatan Air Hitam merupakan salah satu Kecamatan yang memiliki potensi wisata, tentunya camat yang baru diharapkannya mampu memberdayakan tempat wisata tersebut sehingga mampu berdampak pada ekonomi masyarakat.

"Tentunya dengan camat yang baru sauadara Imron, saya harapkan mampu mengajak masyarakat mengembangkan pariwisata sehingga berdampak baik pada ekonomi masyarakat. Sebab Kecamatan Air Hitam salah satu kecamatan yang petensi alam dan pariwisatanya cukup baik " kata Cek Endra kemaren.

Untuk mengembangkan potensi tersebut, dia juga mengharapkan agar para kepala Desa mampu memamfaatkan dana P2DK dan Dana Desa melalui Badan Usaha Milik Desa.

"Sekarang inikan dana banyak masuk ke Desa, tentunya harapan saya agar kepala desa memamfaatkan dana tersebut, dengan dikelola melalui Bumdes. Masyarakat diberdayakan. Persoalan akses jalan dan pasilitas lainnya nanti akan di bantu melalui Daerah. Jangan semuanya mengandalkan Daerah. Gunakan dana yang ada dulu, " tegasnya lantang.

Bagi desa yang tidak memiliki potensi wisata, dimintanya agar dana pusat DD dan P2DK digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat . Sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Bagi desa yang tidak memiliki potensi wisata arahkan ke pemberdayaan ekonomi masyarakat, bisa di gunakan untuk peternakan , perikanan dengan catatan diswakelolakan",  Sambungnya.

Selain potensi wisata alam, Kecamatan Air Hitam juga dihuni ribuan warga Suku Anak Dalam ( SAD ). Keberadaan warga Suku Anak Dalam merupakan sesuatu yang unik dan menjadi salah satu kunjungan para wisatawan lokal dan asing.

"Air hitam ini juga dihuni oleh Warga Suku Anak Dalam, tentunya ini sesuatu yang kerap dikunjungi para wisatawan, nah ini juga merupakan amanah yang harus kita jaga bersama sebab mereka juga bagian dari kita', Pungkasnya.


#Iksan