Breaking

Wednesday, December 6, 2017

Setelah Sukses di Lingkup Pemko, Kini Sistem Cashless akan diterapkan di Sekolah

MWawasan, Padang Panjang - Setelah berhasil melaksanakan sistim belanja elektronik (e-paymen) atau sistem pembayaran non tunai (cashless) secara total di ranah Pemko Padang Panjang, kini Walikota H. Hendri Arnis menargetkan program ini akan diterapkan juga di lingkup sekolah dalam wilayah Kota Padang Panjang.

Menurut Wako, dari evaluasi selama satu bulan terakhir sejak diluncurkan awal November lalu, program e-paymen berjalan cukup lancar, dan mampu menekan hal-hal yang kurang baik dari pola pembayaran confensional secara tunai yang berlaku selama ini.

"Ya jelas banyak positifnya. Diantaranya pengelolaan keuangan APBD lebih transparan, mengurangi kebocoran uang negara karena sirkulasi uang melalui Bank, menghabisi praktek pungli, lebih efisien dan praktis soal waktu serta tenaga dan lebih hemat administrasinya," papar Wako Hendri Arnis.

Wako mengakui, diawal penerapannya sempat muncul sejumlah keluhan, misal si penerima pembayaran belum memiliki rekening Bank atau ATM, belum terbiasa bertransaksi melalui Bank dan lainnya. 

Namun setelah berjalan beberapa waktu, semua mulai merasakan manfaatnya, terutama masyarakat atau penyedia jasa yang terlibat dalam kegiatan yang dibiayai APBD Kota Padang Panjang.

Nah, selanjutnya Hendri Arnis menargetkan sistem cashless ini dapat diberlakukan juga di lingkungan sekolah dalam wilayah Kota Padang Panjang.

"Kita akan sosialisasikan dulu melalui Dinas pendiidkan ke sekolah-sekolah, serta mengkaji regulasinya, apakah bisa dengan Perwako yang sudah ada, atau mesti di back up dengan aturan pelaksanaan tambahan," terang Wako Hendri Arnis.

Wako berharap, pihak sekolah dapat mendukung pelaksanaan program ini, dengan meningkatkan pelayanan di sekolah masing-masing, terutama di kantin sekolah yang sering terjadi transaksi jual beli.

"Dinas pendidikan nanti akan turut memfasilitasi urusan ini ke pihak Bank yang ditunjuk, sehingga sekolah-sekolah bisa dengan mudah memulai penerapan program e-paymen di tempatnya masing-masing," lanjut Wako.

Walikota mengingatkan, aspek kebersihan dan kenyamanan di kantin menjadi sangat penting.
"Dalam hal ini, Disdik saya minta dapat bekerjsama dengan Dinas Kesehatan, terutama menyangkut soal kebersihan dan higienitas makanan yang dijaja di kantin," imbuh Wako Hendri. (Release/cg)

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas