Breaking News

Deputi Pengembangan Pemuda Dukung OKP Kutuk Keras Pemindahan Ibukota Israel ke Jerusalem



MWawasan, Surabaya~  Adanya beberapa Organisasi Kepemudaan mengutuk tindakan AS yang mengakui pemindahan ibukota Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem mendapat dukungan dari Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Ni`am.

"Kami mendukung langkah IPPNU dan organisasi kepemudaan lain yang melakukan aksi solidaritas Palestina dan mengutuk tindakan AS yang memberi legitimasi atas aneksasi Israel terhadap Palestina. Langkah AS itu sebagai ancaman terhadap perdamaian dunia", ujar Ni`am saat membuka acara Latihan Pelatih Kader Nasional di Universitas Sunan Giri Surabaya, Jumat (8/12).

Ni`am menjelaskan, alinea keempat pembukaan UUD 1945 mengamanatkan Bangsa Indonesia berupaya menciptakan perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Hal ini selaras pula dengan spirit perdamaian yang tertera dalam Sumpah Pemuda tahun 1928.

Semangat dalam Sumpah Pemuda tersebut menjadikan ciri bahwa pemuda Indonesia merupakan salah satu ujung tombak pembangunan dan pembawa perdamaian dunia tanpa penjajahan. "Sebagai wujud komitmen anti penjajahan, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI mengapresiasi langkah IPPNU yang mengutuk keras pengakuan Amerika Serikat atas Jerusalem, Palestina sebagai Ibu Kota Israel, menggantikan Tel Aviv. Seluruh pemuda Indonesia pasti mengutuk tindakan tersebut" tegasnya. 

Karenanya, lanjut Ni`am,  Kemenpora akan melakukan koordinasi dan fasilitasi pertemuan dengan wakil-wakil organisasi pelajar dan pemuda Indonesia untuk membahas langkah-langkah darurat yang perlu dilakukan untuk menegakkan kedaulatan Palestina", ujarnya. 

Dirinya yang juga menjabat sebagai Ketua ASEAN SOMY (Senior Official Meeting of Youth) juga akan melakukan konsolidasi dengan negara ASEAN untuk menyikapi langkah USA tersebut.

#zai/rel/ce