Breaking News

UPSUS SIWAB, Peningkatan Populasi Ternak Berkelanjutan


MWawasan,Sarolangun,Pencapaian Target, khusus Isimilasi Buatan ( IB) atau kawin suntik dan pelayanan Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) yang dilakukan pada program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) Kabupaten Sarolangun telah mencapai 40% dari target yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan Status Reproduksi kegiatan penguatan pakan, pengendalian penyakit, peningkatan kapasitas petugas dilapangan, peningkatan Sarana dan prasarana IB dan penyelamatan sapi betina produktif dan administrasi ternak yang didaftarkan melalui sistem I-siknhas telah terlaksana dengan baik.


Kepada Mediawawasan.com, Kadis melalui Amrizal, S.pt Kabid Perternakan mengatakan. PKB dan IB kegiatannya tengah berjalan,

" kita melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan di kecamatan mentawak ulu kecamatan Air Hitam melayani 128 ekor ternak sapi yang 35 ekor sapi dalam kondisi bunting. sebelumnya, kegiatan yang sama telah di laksanakan di desa taman bandung kecamatan Pauh yang melayani 122 ekor ternak sapi, dalam keadaan bunting sebanyak 22 ekor ". Jelas Amrizal.


Kabid peternakan juga menjelaskan, minat masyarakat sangat tinggi terlihat dari antusias masyarakat manakala pelayanan dilapangan berlangsung,

" Pelayanan yang kita lakukan di mentawak ulu juga dihadiri oleh bapak Ir.Ferianda Utama, MM Kepala UPTD pembibitan Ternak Provinsi Jambi yang melihat secara langsung antusias masyarakat setempat dalam pelaksanaan kegiatan PKB dan IB ". Imbuhnya.

Selain itu Amrizal,S.pt menerangkan, juga dilaksanakan sinkronisasi birahi yakni pelayanan pemberian hormon supaya ternak tersebut mampu untuk birahi dan itu berlaku pada sapi tidak bunting yang telah berumur diatas 2 tahun. (nal)