Breaking News

Sosialisasikan Germas, Dinkes OKI Gelar Lomba Mewarnai



MWawasan, OKI(SUMSEL)~ Dalam rangka mensosiallisasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) Dinas Kesehatan Kab.OKI mengelar acara lomba mewarna'i untuk anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) dan  Sekolah Dasar (SD) sekabupaten OKI bertempat  digedung Kesenian Kayuagung Kab.OKI, Rabu(08/11).

Germas merupakan sebuah gerakan yang melibatkan seluruh eleman masyarakat untuk berprilaku hidup sehat,guna meningkatkan kualitas hidup.

Guna mewujudkan Indonesia sehat, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah memprakarsai lahirnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI H.M.Lubis,SKM menjelaskan, "Germas merupakan sebuah gerakan masyarakat secara nasional yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, guna meningkatkan kualitas hidup, gerakan ini berdasarkan intruksi bapak Presiden RI bahwa kita harus membudayakan hidup sehat.

Lubis menegaskan, Germas harus dimulai dari sendiri dan keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.‬ Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain dengan mulai membiasakan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, serta memeriksa kesehatan secara rutin ke pos-pos kesehatan terdekat.

Lebih lanjut dikatakannya, "untuk mensosiallisasikan gerakan ini kita mulai dari sekolah-sekolah, contoh acara hari ini sengaja kita suruh anak-anak melukis sayur dan buah agar tertanam di anak-anak bahwa makan sayur dan buah penting untuk di konsumsi  buat pertumbuhan dan kesehatan anak, kegitan ini juga sehubungan  untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional  (HKN) pada tanggal 12 november 2017 nanti,acara hari ini adalah salah satu rangkaian sosiallisasi penyuluhan kesehatan hidup sehat (Germas) sebelum acara HKN.

Melalui berbagai upaya tersebut, lanjut lubis, ada perubahan besar ke arah yang lebih baik. Melalui Germas, harapannya ada peningkatan yang signifikan dalam peran serta masyarakat untuk hidup sehat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas masyarakat", utupnya.


#Febri/Wahid

No comments