Breaking News

Jaminan Asuransi Sapi, Petani Merasa Terlindungi


MWawasan,Sarolangun- Semenjak menjadi nasabah Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Petani merasa terlindungi. Sebab, asuransi sapi tersebut memberikan jaminan, khususnya terhadap sapi betina yang mati, sakit, atau hilang, dengan nilai tanggungan Rp10 juta per ekor. Premi asuransi sapi sebesar Rp200 ribu per ekor per-tahun. Namun, peternak cukup membayar 20 persennya atau Rp40 ribu karena selebihnya disubsidi oleh pemerintah.

Kepada Media Wawasan.com, salah seorang petani menuturkan kepuasannya bergabung dalam asuransi Asuransi Jasa Indonesia (Persero).

" Alhamdulillah, kami merasa agak nyaman dan merasa terlindungi dengan adanya asuransi ini (red) ". Ungkap Tugiman salah seorang anggota Gapoktan Mentawak hulu Kecamatan Air hitam.

Dengan adanya jaminan terhadap sapi betina jika terjadi mati, sakit atau hilang membuat masyarakat petani semakin bersemangat. Terbukti bahwa kurang lebih 400 ekor sapi betina di mentawak hulu telah diasuransikan dan setiap sapi betina telah mendapat nomor ID,

Kadiskannak Sarolangun melalui kabid peternakan menyampaikan, semoga pada tahun 2017 bisa mencapai target,

" Untuk tahun 2017 ini target kita mengasuransikan 500 ekor sapi betina produktif. Alhamdulillah, seperti yang anda lihat dipenghujung tahun hampir mendekati target ". Jelas Amrizal kabid perternakan sarolangun. (nal)