Breaking News

Duh..Belum Ada Serah Terima, Bendungan PLTMH BTA Jebol


MWawasan,Sarolangun- Bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) tepatnya di Desa Tambak Ratu, Kecamatan Batang Asai, kabupaten Sarolangun dalam kondisi memprihatinkan. Pasalnya PLTMH yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas ESDM dengan omset lebih kurang Rp 3,4 miliar itu, saat ini diketahui sudah jebol sejak pertengahan tahun 2017.


Jebolnya PLTMH mengakibatkan tebing persawahan warga sekitar, sedikit demi sedikit mulai terkikis. Disamping itu, lantaran semakin parah dua Desa juga terancam, yakni Desa Tambak Ratu dan Bathin Pengambang.

Kepada wartawan, Asrin kades bathin pengambang mengatakan, pembangunan PLTMH tersebut saat ini telah merugikan masyarakat. Bahkan, masyarakat setempat, katanya, sangat kecewa karena PLTMH itu tak kunjung difungsikan guna menerangi perumahan warga. Ia juga menyebut, PLTMH tersebut jebol sebelum serah terima.

"Belum ada serah terima sudah jebol, padahal dibangun tahun 2016 lalu. Masyarakat merasa dirugikan akibat tebing persawahan makin terkikis oleh luapan air yang cukup deras," ungkapnya. Kamis, (16/11).

Menurut Asrin, Jika kondisi tersebut tetap dibiarkan, selain mengancam persahawan warga, dua Desa setempat juga ikut terancam.

"Tentu masyarakat kecewa dengan tidak bisa dimanfaatkan oleh dua Desa," imbuhnya.

Sementara itu, saat ini pihaknya tak mampu berbuat banyak untuk mengatasi PLTMH yang jebol tersebut. Apalagi kondisi saat ini musim penghujan. Dikuatirkan keadaan makin bertambah parah. Karena itu, Asrin bersama masyarakat sepakat untuk mengajukan proposal bantuan beronjong terkait tebing yang longsor.

"Upaya kita mengharapkan Pemprov untuk membantu pembuatan beronjong penahan tebing sawah, karena tebing sudah semakin parah terkikis, sehingga para petani dirugikan," .Jelasnya.

Ia juga mengaku, sejauh ini tim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dari kepolisian sudah turun ke lokasi PLTMH.

"Dua hari ini Tipikor sudah turun ke lokasi melakukan pemeriksaan terkait jebolnya PLTMH ini,". Pungkasnya. (skm/nal)

No comments