Breaking News

PEA Sambut Baik Kerja Sama Pendidikan dengan Indonesia


MWawasan.ABU DHABI~ Menteri Pendidikan Persatuan Emirat Arab (PEA) H.E. Hussain bin Ibrahim Al Hammadi menyambut baik rencana peningkatan kerja sama bilateral RI-PEA, khususnya di bidang pendidikan. Hal tersebut disampaikan Menteri Hussain saat menerima kunjungan Duta Besar RI untuk PEA Husin Bagis di kantornya, Rabu (30/8).

Sebagai langkah awal, Kementerian Pendidikan PEA ingin terlebih dahulu memperoleh informasi resmi dari KBRI mengenai sistem pendidikan Indonesia dan daftar lima perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Selanjutnya, pihaknya akan mempelajari dan mengidentifikasi ruang lingkup dan area yang dapat dikerjasamakan.

Menteri Hussain menyampaikan bahwa PEA saat ini masih membutuhkan banyak guru mata pelajaran eksak di sekolah-sekolah. "Saya mendorong banyak guru asal Indonesia untuk ikut bersaing (dengan guru-guru ekspatriat lain) mengajar di sekolah-sekolah yang ada di PEA," ucap menteri yang bertugas sejak tahun 2014 tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, disinggung pula partisipasi Indonesia dalam World Skills Competition, yang akan berlangsung di Abu Dhabi pada 14-19 Oktober mendatang.

Menteri Hussain gembira mendengar rencana partisipasi tim Indonesia dalam event internasional dua tahunan tersebut. Ia juga menanyakan kemungkinan hadirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam pertemuan tingkat menteri di sela-sela event internasional dua tahunan tersebut.

"Surat undangan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri di sela-sela perhelatan World Skills Competition telah kami sampaikan ke kementerian terkait di Jakarta," jelas Dubes Husin Bagis.

Saat ini tercatat sekira 900 pelajar dan mahasiswa belajar di PEA. 42 orang di antaranya merupakan pelajar penerima beasiswa di sekolah tingkat menengah Al Ma'had Al Islami School di Al Ain. Adapun sisanya merupakan anak-anak dari para pekerja profesional Indonesia, termasuk home staff KBRI.

Sebelumnya, pada bulan April tahun ini, Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengadakan pertemuan dengan pihak Al Ain University of Science and Technology. Pertemuan tersebut telah menghasilkan sejumlah komitmen antara kedua belah pihak, untuk bekerja sama dalam bentuk saling kunjung profesor, pakar dan mahasiswa, mengadakan riset pengembangan bisnis agrikultur, seminar bersama dan simposium dalam bentuk penandatanganan MOU.​ 


#Gan/ KBRI Abu Dhabi

No comments