Breaking News

Kodok Sebesar Bayi, Kodok Raksasa 'Goliath Frog' Terancam Punah Dari Bumi

Mediawawasasan.com

Spesies katak atau kodok terbesar di dunia yang pernah ditemukan bernama, Goliath Frog (Conraua goliath). Habitatnya di Sungai Benito, Cameroon, Afrika Barat (dekat Gabon). Sistem sungai di mana katak ini hidup sering ditemukan di daerah yang berbatuan padat, daerah yang sangat lembab dengan suhu relatif tinggi. 


Kodok terbesar di dunia beratnya bisa sama dengan bayi yang baru lahir, yaitu sekitar 3,2 kilogram. Panjangnya bisa mencapai 33 cm (13 Inchi).

Walau tubuhnya besar, kodok ini tetap pada naluri alami sebagai amfibi untuk bersembunyi. Warnanya yang hijau berbintik-bintik membuat mereka cocok berkamuflase di bebatuan berlumut.

Mereka hidup di sungai-sungai dekat pesisir di hutan Afrika barat. Goliath Frog memangsa Kalajengking, Serangga, Kodok yang lebih kecil. Katak ini memiliki pendengaran tajam.


Dilihat dari ukurannya, mungkin anda menyangka bahwa suara kodok ini punya suara yang mengelegar. Tetapi kenyataannya, kodok raksasa tidak memiliki kantong vokal sehingga mereka hanya bisa bersiul untuk memikat pasangan.

Seperti semua amfibi lainnya, air merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi reproduksi katak ini. Pada katak jantan akan membangun daerah pembibitan bersama dan di dalam sungai dengan mendorong batu ke pola setengah lingkaran. Tidak banyak yang diketahui tentang reproduksi katak goliath itu.
 

Kodok ini tergolong binatang yang terancam. Populasi mereka dilaporkan terus menurun, hingga tinggal 50% dalam tiga generasi terakhir. Kodok ini selalu diburu untuk makanan khusus dan untuk perdagangan internasional hewan piaraan. Antara lain untuk kompetisi lompat kodok di AS. 

Sebagaian kodok memang diekspor untuk program penangkaran, tetapi hal ini tidak terlampau berhasil. Para pemerhati lingkungan kini berkonsentrasi untuk bekerja bersama komunitas lokal untuk menekan perburuan sembarangan.


Goliat Frog berdasarkan klasifikasi ilmiah:

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Famili: Ranidae
Genus: Conraua
Spesies: C. goliath


#Gan

No comments