Breaking News

HUT ke-72, Meriahnya Pesta Rakyat Di Budapest


MWawasan.Budapest(HONGARIA)~ Helatan Pesta Rakyat HUT Kemerdekaan ke-72 RI KBRI Budapest yang diselenggarakan tepat setelah Upacara Detik-detik Proklamasi  berhasil membius penonton WNI dan sahabat Indonesia di Hongaria selama kurang lebih sekitar 5 jam.

"Merdeka!" Dubes RI untuk Hongaria meneriakkan semangat kepada para hadirin. "Mari kita isi Kemerdekaan Indonesia dengan memupuk rasa toleransi dan keberagaman.   Niat kita menjaga Indonesia dalam keberagaman merupakan tujuan utama dalam menerjemahkan capaian para pahlawan bangsa pendiri negara yang telah mengorbankan tetes darah dan nyawa demi terbebas dari belenggu penjajahan” ungkapnya.

Mengawali Pesta Rakyat, dalam pidato sambutannya Dubes Wening menekankan pentingnya memelihara rasa toleransi keberagaman sehingga tercipta kehidupan yang harmonis penuh kedamaian baik di Indonesia maupun di Hongaria.  "Indonesia berdiri atas dasar kemajemukan, perbedaan itu adalah suatu keniscayaan,  kita yang saat ini tinggal di luar negeri  harus bisa memelihara perbedaan itu sebagai asset modal dasar bernegara yang kita hargai bersama.  Dalam hubungan internasional, keberagaman suku dan budaya kita bisa menjadi model keharmonisan hidup dan merupakan jati diri yang bisa kita gunakan untuk berkiprah baik secara nasional maupun internasional. Indonesia kerja bersama!" Pungkasnya.

Pesta Rakyat  KBRI Budapest kali ini cukup spesial, karena selain dimeriahkan oleh berbagai artis dan diaspora Indonesia,  hadirin disuguhi pula persembahan tari dari Grup Tari dan Budaya LUCI (Legacy Unity Culture Indonesia) yang kebetulan saat itu sedang menjadi guest artist pada SummerFest International Folklore Festivals di kota Szashalombatta, Hongaria. Nomor tarian Grup LUCI dengan iringan kendang, kenong dan seruling Minang dan Sunda dan kostum yang memikat mampu membuat penonton berdecak dan riuh bertepuk tangan.  Area halaman belakang KBRI disesaki oleh WNI dan Warga Negara Hongaria serta sahabat Indonesia yang tak beranjak hingga Pesta Rakyat usai dan sabar menunggu penarikan undian dan berbagai tombola seperti peralatan masak, sepeda serta televisi.

Sebagai penutup acara, turut menghentak panggung Pesta Rakyat adalah penampilan all out  Ras Muhamad, Duta Reggae Indonesia diiringi  Budapest Riddim Band, lirik-lirik nasionalis dan menggugah rasa satu bangsa satu saudara  Ras tidak hanya memukau, namun juga membuat penonton berjoget dan bernyanyi bersama.  Ras Muhamad tampil di Hongaria disela-sela tour Eropa dan Amerika Latin-nya musim panas tahun ini. Sebelumnya Ras Muhamad sudah pula tampil di beberapa kota di Hongaria seperti Cegled dan Budapest serta  Jerman seperti Hamburg, Berlin serta menggoyang panggung utama ReggaeJam di Bersenbruck.  Akhir minggu nanti rencananya Ras juga akan memeriahkan Pesta Rakyat di Wina, Austria.

Seringnya Indonesia mempromosikan Budaya di Budapest dan sekitarnya, juga sudah mulai dilirik oleh perusahaan penerbangan swasta. Tampak salah satu penerbangan asing membuka booth pada  Pesta Rakyat kali ini dan menawarkan promosi penerbangan Budapest-Denpasar-Budapest dengan harga promo sebesar €500.  Harga promo ini sangat ekonomis dan  tentunya sangat menarik untuk membangkitkan minat wisatawan Hongaria untuk berkunjung dan berlibur ke Indonesia. 
#Gan/KBRI Budapest