Breaking News

HUT ke-72, KBRI Dili Gelar Upacara Bendera


​MWawasan.Dili(Timor-Timor)~ Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan RI telah dilaksanakan dengan khidmat di KBRI Dili (17/08) mulai pukul 08.00 sampai dengan selesai. Sebanyak 300 orang masyarakat Indonesia di Dili, Timor-Leste, beserta keluarganya hadir dan mengikuti Upacara Bendera tersebut.

Dalam wawancara dengan para wartawan seusai Upacara Bendera, Duta Besar RI untuk Timor-Leste, Sahat Sitorus, menyampaikan ucapan selamat HUT ke-72 RI kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ada di Timor-Leste, baik yang ada di Dili maupun yang tersebar di berbagai Munisipiu. Duta Besar Sahat Sitorus menekankan bahwa Indonesia dan Timor-Leste adalah keluarga sedarah yang dipisahkan oleh sejarah. Ditambahkan bahwa persamaan budaya, bahasa, makanan, dan banyaknya masyarakat kedua negara yang masih terjalin hubungan keluarga menjadi dasar hubungan baik antara Indonesia dan Timor-Leste.

"Jangan jadikan sejarah di masa lalu untuk mencari apa yang kurang, namun kita lihat apa yang bisa dikembangkan bersama. Komitmen Presiden Joko Widodo untuk hidup berdampingan dengan Timor-Leste, karena kemakmuran Indonesia adalah kemakmuran masyarakat Timor-Leste," tegas Duta Besar Sahat. 

Upacara Bendera Peringatan HUT ke-72 RI dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kunci kendaraan truck yang dihibahkan oleh Telkomcel kepada KBRI untuk dapat dimanfaatkan bagi pelayanan masyarakat. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Duta Besar Sahat Sitorus sebagai simbol ucapan syukur atas usia Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah mencapai 72 tahun. Kemeriahan peringatan HUT ke-72 RI di KBRI Dili juga diwarnai oleh pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai perlombaan yang telah dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT ke-72 RI. Berbagai hadiah tersebut merupakan dukungan dari para sponsor Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) di Timor-Leste.

Di Timor-Leste terdapat kurang lebih 9000 WNI, yang terkonsentrasi di kota Dili dan sekitarnya. Pada umumnya mereka adalah para pemilik usaha, pekerja gereja, pekerja profesional di BUMN dan BUMS Indonesia, pekerja bangunan, awak kapal, dan permanent resident yang menikah dengan masyarakat setempat atau keturunan WNI. Berbagai komunitas masyarakat Indonesia di Dili, yaitu Komunitas Flores, Sumba, Timor, dan Alor (Flobamora), Komunitas Jawa, Komunitas Maluku, Komunitas Bali, Komunitas Batak, Komunitas Manado, dan Komunitas Makassar. Sedangkan BUMN dan BUMS yang ada di Timor-Leste, antara lain, Bank Mandiri, Bank BRI, Pertamina, Telkomcel, WIKA, Waskita Karya, Adhi Karya, Hutama Karya, Sriwijaya, Citilink, Sinarmas, Indofood, Teh Botol Sosro, Bir Bintang. 
#Gan/KBRI Dili