Breaking

Tuesday, August 15, 2017

DPR RI ke Islandia Garap Kerja Sama Geothermal

MWawasan.Oslo(NORWEGIA)~ Delegasi DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang), Dr. Agus Hermanto, telah melakukan kunjungan muhibah ke Islandia tanggal 8 – 12 Agustus 2017. Anggota DPR RI yang turut menjadi anggota delegasi yaitu: Satya Widya Yudha (F Golkar), Jazuli Juwaini (F PKS), Kurtubi (F Nasdem), Kardaya Warnika (F Gerindra), Agung Budi Santoso (F Demokrat), Aliyah Mustika Ilham (F Demokrat), Rooslynda Marpaung (F Demokrat) dan Sayed Abubakar A. Asseggaf (F Demokrat).

​Dalam kunjungan ini, delegasi DPR RI mengikutsertakan pejabat Kementerian ESDM RI dan direksi sejumlah BUMN dan perusahaan jasa konsultan di bidang energi dan infrastruktur, yakni: PT. Pertamina Geothermal Energi (PGE), PT PLN Geothermal, PT Geo Dipa Energi, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan AMETIS Institute. Selama kunjungan, delegasi DPR RI didampingi oleh Duta Besar RI untuk Republik Islandia berkedudukan di Oslo, Yuwono A. Putranto.

Pertemuan dengan Parlemen Islandia yang dalam bahasa setempat disebut Alþingi (baca: althing) merupakan agenda 'wajib' bagi Delegasi DPR RI. Delegasi DPR RI diterima secara hangat oleh Ketua Parlemen Islandia, Unnur Brá Konráðsdóttir, yang didampingi oleh Ketua Komite Lingkungan Hidup dan Komunikasi Parlemen Islandia, Valgerður Gunnarsdóttir, Dubes Islandia untuk Indonesia yang berkedudukan di Tokyo (Jepang), Hannes Heimisson, serta pejabat dan staf Sekretariat Parlemen Islandia.

Wakil Ketua Dr. Agus Hermanto dan anggota delegasi lainnya telah bertukar pendapat dengan mitranya di Islandia tersebut mengenai peran parlemen dan proses legislatif terkait upaya-upaya pengelolaan geothermal dan sumber daya perikanan. Di akhir pertemuan, Delegasi DPR RI mengusulkan pembentukan friend of parliament atau kontak antar kedua parlemen guna mempermudah komunikasi dan kerja sama antar parlemen kedua negara di masa mendatang yang ditanggapi secara positif oleh Ketua Parlemen Islandia.

Delegasi DPR RI mendapat kehormatan diterima oleh Presiden Islandia, H.E Guðni Th. Jóhannesson di Istana Kepresidenan Bessastaðir. Dalam kunjungan kehormatan ini, Dr. Agus Hermanto menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan muhibah Delegasi DPR RI ke Islandia yakni selain dalam rangka bertemu dengan mitranya di Islandia, juga memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang, khususnya sektor geothermal dan perikanan. Kedua pihak kemudian melanjutkan acara dengan bertukar pikiran mengenai langkah-langkah memperkuat hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin dengan baik selama ini.

Presiden Islandia secara antusias menyambut secara hangat kunjungan delegasi DPR RI ke Islandia dan sepakat untuk meningkatkan hubungan kedua negara di berbagai bidang, khususnya di bidang energi baru dan terbarukan geothermal yang menjadi ikon energi Islandia.

Delegasi DPR RI memaksimalkan waktu kunjungan untuk melakukan pertemuan marathon dengan think-tank (akademisi), serta sejumlah perusahaan dan pelaku industri di sektor energi geothermal dan perikanan yang menjadi sektor-sektor andalan Islandia. Perusahaan dan lembaga tersebut yaitu: Iceland Geosurvey (ISOR), Green Energy Geothermal (GEG),dan Svartsengi Power Plant. Guna melengkapi wawasan yang diperoleh pada sesi pertemuan, rombongan juga menyaksikan langsung direct-use application geothermal Svartsengi Power Plant.

Serangkaian pertemuan marathon tersebut berhasil memperluas wawasan dan pengetahuan para legislator Indonesia tentang bagaimana Pemerintah Islandia mengelola pusat penelitian yang menopang industri geothermal Islandia.

"Di Islandia, penelitian geothermal telah dimulai sejak tahun 1945 dibawah Instansi pemerintah. Kini, Islandia Geo Survey melanjutkan penelitiannya sebagai lembaga negara independen," ujar Dr. Agus Hermanto. Lebih lanjut, memiliki pusat penelitian yang hebat adalah kunci untuk memperbaiki pemahaman mengenai geothermal, serta dapat menurunkan tingkat risiko dalam kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemanfaatan. "Pada tahap awal, program ini berfokus pada kegiatan eksplorasi sampai dengan pengeboran eksplorasi yang kemudian data yang diperoleh dari kegiatan ini akan menjadi dasar dokumen tender Wilayah Panas Bumi (GWA)," tambah Wakil Ketua DPR RI tersebut.

Sementara itu, Dubes RI untuk Republik Islandia, Yuwono A. Putranto, menambahkan "kunjungan delegasi DPR RI ke Islandia ini merupakan kunjungan yang bersejarah karena merupakan kunjungan yang pertama kalinya ke Islandia dan diharapkan dapat semakin meningkatkan hubungan antar parlemen kedua negara, yang sekaligus menguatkan hubungan yang sudah terjalin dengan baik pada tataran G-to-G maupun B-to-B".

Dubes Yuwono secara khusus berharap pada gilirannya kunjungan muhibah DPR RI ke Islandia ini dapat membuahkan kerja sama konkrit dalam memanfaatkan secara maksimal sumber geothermal dunia yang sekitar 40%-nya berada di Indonesia. "Power plant Svartsengi merupakan contoh konkrit pemanfaatan optimal sumber energi geothermal yang cost-effective, reliable, renewable, sustainable dan environmentally friendly, sekaligus dapat juga dijadikan objek pariwisata pemandian air panas belerang. Jadi hampir semua dapat dimaanfatkan dan bernilai ekonomi", pungkasnya.

Delegasi DPR RI juga mengadakan pertemuan secara intensif dengan United Nations University – Geothermal Training Programme (UNU-GTP), United Nations University – Fisheries Training Programme (UNU-FTP), industri perikanan HB Grandi dan meninjau processing unit yang dimiliki HB Grandi. Hal yang menarik dalam pertemuan dengan Management Board UNU-GTP adalah keikusertaan sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di UNU-GTP pada pertemuan ini.

"Dengan menyaksikan langsung sambutan hangat dan antusiasme dari Ketua Parlemen Islandia, Presiden Islandia, para petinggi dan direksi dari lembaga-lembaga/industri-industri geothermal dan perikanan Islandia atas kunjungan delegasi DPR RI tersebut, saya sangat optimis bahwa meskipun letak geografi Indonesia dan Islandia sangat jauh, namun hubungan kedua negara di masa mendatang akan semakin menguat, baik di tingkat pemerintah maupun parlemen, yang akan diisi dengan berbagai bentuk kerja sama konkrit, khususnya potensi besar dalam pengembangan energi baru dan terbarukan geothermal, perikanan dan pendidikan/training geothermal dan perikanan, di samping mendorong perampungan perundingan IE-CEPA dalam waktu dekat", pungkas Dubes Yuwono dengan nada optimis.  
#Gan/KBRI Oslo

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas