Breaking News

CJH Diimbau Pakai Kain Ihram Sejak Dari Embarkasi

Jemaah haji gelombang kedua yang tiba di Bandara King Abdul Azis International Jedah siap di berangkatkan menuju Makkah, Sabtu (12/8) / foto : danyl
MWawasan.Jeddah(ARAB SAUDI)~ Fase kedatangan gelombang kedua calon jamaah haji (CJH) ke Tanah Suci,  para calon jamaah haji diimbau memakai pakaian ihram dari sejak embarkasi. Imbauan tersebut sudah disampaikan Kementerian Agama melalui edaran Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah ke setiap embarkasi untuk mempercepat proses kedatangan jemaah selama di bandara.

"Memakai pakain ihram sejak dari embarkasi lebih efesien dari segi waktu," ujar  Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat saat ditemui MCH di bandara King Abdul Aziz International Jedah, Sabtu (12/8) kemarin.

Dikatakan Arsyad, edaran yang disampaikan ke 13 embarkasi di Tanah Air tersebut berawal dari edaran yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi, agar mempercepat proses kedatangan jamaah selama di bandara.

"Ternyata jamaah kloter SUB 44 dan 45 sudah memakai pakaian ihram saat tiba di bandar," ujar Arsyad.

Dari pemantauannya, proses awal, dari landing sampai semua jamaah tiba di plaza bandara memakan waktu 2 jam 15 menit. Kemudian dari plaza sampai naik bus memakan waktu 1 jam 30 menit sampai 1 jam 45 menit. Artinya jika ditotal dari awal hingga akhir memakan waktu 4 jam 15 menit. Namun, hal ini bisa berjalan dalam kondisi bandara yang relatif tidak penuh.

"Ini lebih cepat dan efektif. Mudah-mudahan bisa lebih cepat dan efisien lagi," tuturnya.

No comments