Breaking

Saturday, June 17, 2017

Pameran Produk Manufaktur Indonesia Rencana Digelar di Davao City

Konjen RI Davao City saat memberikan briefing kepada media (14/6) tentang The 1st Indonesian Manufactured Products Expo di Davao City.
 MWawasan.Davao City(FILIPINA)~ "The fact that we are neighbor and geographically bordering, does not necessarily means it contribute significantly to our trade relations," ujar Konjen RI Davao City, Berlian Napitupulu dalam Media Briefing di Davao City (14/6).

Kalimat tersebut agaknya sengaja disampaikan oleh Konjen Berlian guna memancing perhatian para awak media setempat yang hadir pada kegiatan yang diselenggarakan di KJRI Davao City tersebut. Bagaimana tidak, walaupun total nilai perdagangan Indonesia dan Filipina mengalami trend peningkatan sebesar 6.34% pada periode 2012-2016, bahkan Indonesia menduduki peringkat no.7 sebagai negara mitra utama perdagangan Filipina, namun angka tersebut masih didominasi oleh perdagangan antara Jawa dan Luzon, sebagai pusat perekenomian kedua negara.

Masalahnya, nilai perdagangan antara Filipina Selatan (Mindanao) dengan Kawasan Timur Indonesia yang notabene berbatasan langsung dengan Filipina belum berkontribusi secara signifikan terhadap perdagangan kedua negara. Padahal kedua kawasan mempunyai potensi ekonomi yang besar.

Melihat kenyataan ini dan potensi peningkatan kedepannya, Konjen Berlian menyampaikan bahwa KJRI akan melakukan berbagai upaya untuk mendongkrak nilai perdagangan kedua wilayah dengan melakukan serangkaian kegiatan promosi ekonomi dan pameran dagang.

Dalam waktu dekat, KJRI Davao City akan menyelenggarakan The 1st Indonesian Manufactured Products Expo (IMPE) pada 22-24 Juli 2017, bertempat di Indonesian Convention Center, Davao City. Expo ini akan menampilkan deretan produk-produk manufaktur unggulan Indonesia yang potensial untuk dipasarkan di Filipina. Diantaranya produk spare part otomotif, bahan konstruksi, peralatan mesin, kosmetik, pulp and paper, dan sejumlah produk manufaktur lainnya.

Untuk menarik lebih banyak potential buyer/partner dalam Expo tersebut, KJRI telah bekerjasama dengan Davao City Chamber of Commerce and Industry Inc. (DCCCII) untuk memasukkan IMPE dalam rangkaian kegiatan Davao Investment Conference pada 21-22 Juli 2017. Oleh karena itu, para pengusaha Indonesia yang akan berpartisipasi dalam IMPE diharapkan juga turut hadir pada kegiatan Davao Investment Conference dan Business Matching pada 21 Juli 2017.

Indonesian Manufactured Expo yang berlangsung selama 3 hari tersebut juga akan diisi dengan One-on-One Business Matching dan Product Presentation oleh masing-masing exhibitor. Disamping itu, guna memeriahkan Expo akan diselenggarakan pula pagelaran seni dan budaya, serta promosi pariwisata, dan penampilan Barista Indonesia dalam menyajikan kopi khas Indonesia.

Menutup penjelasannya pada Media Briefing tersebut, Konjen Berlian juga mengajak para awak media yang hadir untuk membantu mempromosikan peningkatan hubungan ekonomi kedua negara, khususnya antara Indonesia dengan Filipina Selatan. Mengingat produk-produk perdagangan kedua wilayah adalah kunci penentu keberlangsungan Roro Davao-General Santos-Bitung yang diluncurkan oleh Presiden kedua negara pada 30 April lalu. 

"If you want to see this Roro sea direct connection continues, you should help us broadcasting this kind of trade expo," pungkas Konjen Berlian. 
 
 
 
 
 
#Gan/KJRI Davao City

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas