Breaking News

Inilah Suasana Religi Malam Nuzulul Qur’an di KBRI Bangkok

Duta Besar RI beserta seluruh masyarakat Indonesia di Bangkok sedang mendengarkan tausiyah.
MWawasan.Bangkok(THAILAND)~ Suasana malam peringatan Nuzulul Qur'an oleh KBRI Bangkok yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 15  Ramadhan 1438 Hijriah (10 Juni 2017) berlangsung dengan penuh khidmat dan diliputi suasana sepiritual yang kental. Peringatan tersebut memang sengaja diselenggarakan 2 hari lebih awal dari peringatan tanggal turunnya Al Qur'an, 17 Ramadhan. Hal ini karena hari Sabtu merupakan hari libur sehingga lebih banyak masyarkat Muslim Indonesia di Bangkok yang dapat mengikuti peringatan tersebut. (10/6)

Kehadiran Ustadz Suherman dan musyid Deni Aden dalam kegiatan ibadah Ramadhan di KBRI Bangkok memang merupakan bagian dari kerjasama antara KBRI Bangkok dengan Dompet Dhuafa dalam program Dai Ambassador Cordofa. Ustadz Suherman akan menjadi Imam dan sekaligus Dai selama Ibadah Ramadhan dan sekaligus Sholat Idul Fitri bagi masyarakat Muslim Indonesia di KBRI Bangkok.

Pada peringatan Nuzulul Qur'an dibuka dengan sambutan Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Duta Besar Ahmad Rusdi mengajak masyarakat Muslim Indonesia di Thailand untuk senantiasa menjadikan Al Qur'an sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. 

"Masyarakat Muslim Indonesia di Thailand hendaknya senantiasa membaca dan mengamalkan  Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari  berkeluarga dan bermasyarakat karena Al-Qur'an diturunkan untuk menjadi pedoman dan tuntunan umat Islam", ujar Dubes Ahmad Rusdi.

Sebelum pelaksanaan peringatan Nuzulul Qur'an, kurang lebih 300 orang masyarakat Indonesia di Bangkok melakukan buka bersama. Setiap bulan Ramadhan, KBRI Bangkok memang senantiasa menyelengarakan buka bersama setiap hari Sabtu bagi seluruh masyarakat Indonesia dari berbagai laatar belakang agama yang ada di Bangkok. Hal ini diselenggarakan selain untuk meningkatkan nilai-nilai sepiritualisme juga untuk memperkuat  silaturahmi dan persatuan antar masyarakat Indonesia di Bangkok  yang beragam agama dan budaya. 

Suasana sepiritual memang telah terasa sejak menjelang buka bersama. Sesaat sebelum buka puasa dan menjelang peringatan Nuzulul Qur'an yang diselenggarakan setelah Shalat Tarawih, Deni Aden, seorang munsyid yang sudah cukup dikenal di kalangan Muslim ASEAN membawakan lagu-lagu nasyid yang cukup syahdu dan menyejukan hati antara lain Bismillah, Bidadari Surga, dan Sholatun Bissalam. Bada bait-bait tertentu, Deni Aden mengajak hadirin untuk melafalkan nasyid bersama-sama yang membawa suasana religi semakin terasa kuat. 
 


#Gan/ KBRI Bangkok​

No comments