Breaking News

Dubes RI Addis Ababa Tegaskan RI-Ethiopia Perlu Terus Jajaki Potensi Bisnis dan Investasi

(picture: wikipedia.org)
MWawasan.Addis Ababa(Ethiopia)~ RI-Ethiopia perlu terus menjajaki potensi bisnis dan investasi. Hubungan ekonomi kedua negara terus berkembang, perdagangan bilateral dalam lima tahun terakhir terus meningkat dan telah terdapat empat investasi RI di Ethiopia hanya dalam tiga tahun.

Fakta ini ditegaskan Dubes RI Addis Ababa, Imam Santoso, pada pembukaan Forum Bisnis Indonesia-Ethiopia di Addis Ababa (12/6).

Untuk terus memperkuat kerja sama ekonomi tersebut, Dubes Imam mendorong pembentukan Preferential Trade Agreement RI-Ethiopia. Ia juga meminta para pengusaha memanfaatkan kesempatan ini untuk menjajaki potensi kerja sama dan memperkuat jejaring bisnis antar dua komunitas bisnis.

Forum bisnis RI-Ethiopia kali ini merupakan forum full-fledged pertama yang melibatkan pihak pemerintah, BUMN dan swasta di Ethiopia.

Kegiatan dihadiri oleh KADIN Pan-Afrika serta 50 pengusaha Ethiopia di berbagai sektor, antara lain tekstil, makanan, ekspor-impor, digital commerce dan consumer goods. Turut serta pada rangkaian kunjungan tersebut, delegasi bisnis Indonesia dari KADIN, Garuda Maintenance Facility, Indonesia Eximbank dan PT. Sasa Inti.

Selain mengikuti forum bisnis, delegasi bisnis RI juga melakukan pertemuan dengan KADIN Ethiopia dan Dirjen Diplomasi Bisnis Ethiopia. Kunjungan delegasi bisnis ke negara dengan populasi ke-2 terbesar di Afrika tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Africa Tour ke-2 Menlu/Wamenlu RI ke Afrika.

Sebelumnya, delegasi RI mendampingi kunjungan Menlu RI ke Nigeria serta Wamenlu RI ke Senegal dan Kenya dalam rangka diplomasi ekonomi dan menutup kegiatan di Ethiopia.

Ethiopia merupakan salah satu negara mitra dagang RI terbesar di Afrika Sub-Sahara. Menurut Ethiopia Custom Authority, nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 351,72 juta dengan surplus sebesar USD 324,04 juta bagi Indonesia. Kedua negara memiliki kedutaan di masing-masing ibu kota yang menunjukkan keseriusan peningkatan kerja sama bilateral.

Pertumbuhan ekonomi Ethiopia juga merupakan salah satu yang tertinggi di Afrika dengan rata-rata pertumbuhan 8-10% dalam periode 2005-2015. Terdapat sejumlah perusahaan RI yang telah berinvestasi di Ethiopia, yaitu Indofood, Sinar Antjol, Bukit Angkasa dan Katexindo Citra Mandiri. 




#Gan/ Dit. Afrika/Infomed/Yo2k


No comments