Breaking News

WNI Korban 'Human trafficking' Berhasil Dipulangkan KBRI Tripoli

MWawasan.LIBYA~ KBRI Tripoli senantiasa memberikan perlindungan total bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah akreditasi. 2 (dua) orang Korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) beserta seorang anak balita dan 1 (satu) orang WNI Menderita sakit stroke setelah dirawat di Rumah Sakit selama 70 hari berhasil dipulangkan dari Libya menuju Indonesia.

Pemulangan dilakukan dari Tripoli menuju Tunis, Kamis, 18 Mei 2017 dilanjutkan menuju Doha, Sabtu, 20 Mei 2017, dan sampai Jakarta pada Minggu, 21 Mei 2017 .  Kemudian mereka akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing oleh BNP2TKI. Khusus untuk WNI menderita sakit kepulangannya akan didampingi seorang dokter dari Libya dan kemudian akan diserahkan kepada keluarga untuk diberikan penanganan medis selanjutnya.

Kondisi keamanan yang tidak menentu, angka kriminalitas tinggi, dan tidak adanya peraturan yang melindungi hak-hak para pekerja asing masih menjadi prioritas KBRI untuk terus mendiseminasikan kepada para WNI yang hendak bekerja ke Libya agar bersikap waspada dan tidak menerima iming-iming pekerjaan ke luar negeri. Kondisi keamanan Libya tersebut sampai saat ini masih belum menunjukan keadaan yang membaik, sehingga diperlukan koordinasi dan keseriusan dari para pemangku kepentingan untuk mencegah para calon TKI ke Libya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama khususnya terkait keselamatan para TKI.

Informasi lebih lanjut mengenai perlindungan WNI di Libya, dapat menghubungi Hotline KBRI Tripoli (+216 25 596 366), Sdr. Joenys Duana Sirait - Pelaksana  Fungsi Konsuler KBRI Tripoli (+216 28 448 351) dan Sdr. Untung Istiawan - Staf Konsuler KBRI Tripoli (+216 21 683 669), email : tripoli.kbri@kemlu.go.id



#Gan/KBRI Tripoli