Breaking

Sunday, May 21, 2017

Sinabung Meletus, Semburan Capai 4 Km

MWawasan.SUMUT~ Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara kembali meletus dengan menyemburkan material vulkanik mencapai ketinggian 4 kilometer, pada Sabtu (20/05), seperti disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG masih ditetapkan dalam status awas, dengan potensi letusan susulan yang masih tinggi.

Masyarakat pun diperingatkan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung, dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan - Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara - Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara - Timur Gunung Sinabung

"Masyarakat dihimbau untuk terus waspada dan mentaati rekomendasi pemerintah. Tidak dapat diprediksikan sampai kapan Gunung Sinabung akan berhenti meletus. Parameter vulkanik dan seismisitas gunung masih tetao tinggi sehingga potensi letusan susulan masih akan tetap berlangsung," seperti disampaikan Sutopo melalui pesan tertulis yang diterima BBC Indonesia.

Sutopo juga mengatakan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk mewaspadai bahaya lahar. Bendungan alam yang terbentuk di hulu Sungai Laborus juga dikhawatirkan akan jebol jika tidak mampu menampung air/lahar.

Dia mengatakan BPBD Kabupaten Tanah Karo akan segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar/banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

Meski menurut catatan ada 7.214 jiwa atau 2.038 kepala keluarga masih berada di depalan pos pengungsian, namun hanya 2.863 jiwa yang tinggal di pos pengungsian, sementara lainnya berada di luar posko pengungsian.



#Gan/MW-001

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas