Breaking

Wednesday, May 17, 2017

Kunjungan Presiden Grybauskaitè Perkuat Bilateral Indonesia - Lithuania

MWawasan.JAKARTA~ Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan pertama Presiden Republik Lithuania, Dalia Grybauskaitè, di Istana Merdeka, Jakarta (17/5). Kedatangan Presiden Lithuania disambut dengan upacara kenegaraan, dimana pasukan marching band Paspamres, pasukan berkuda dan pasukan berbaju adat Nusantara mengiringi kedatangan Presiden Grybauskaitè.

Kumandang lagu kebangsaan Indonesia dan Lithuania serta 21 kali dentuman meriam menandai kehadiran Presiden Lithuania dan rombongan. Presiden Joko Widodo menyambut kehadiran Presiden Grybauskaitè seusai turun dari mobil kenegaraan untuk kemudian menerima karangan bunga yang dibawa oleh siswa-siswi sekolah dasar.

Usai memeriksa pasukan, Presiden Joko Widodo dan Presiden Grybauskaitè berfoto bersama di ruang kredensial Istana Merdeka. Selanjutnya, usai mengisi buku tamu, Presiden Joko Widodo dan Presiden Grybauskaitè menuju teras belakang Istana Merdeka untuk lakukan Veranda Talk.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kunjungan Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaitè, ke Indonesia merupakan kunjungan yang bersejarah.

"Untuk pertama kalinya berlangsung pertemuan Presiden Indonesia dengan Presiden Lithuania sejak dijalinnya hubungan diplomatik 24 tahun yang lalu," ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataan bersama dengan Presiden Dalia Grybauskaitè. Pernyataan bersama itu dilakukan setelah kedua Presiden lakukan pertemuan bilateral dan menyaksikan pendatanganan beberapa kerja sama, di ruang kredensial Istana Merdeka.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani yaitu di bidang energi (energi baru terbarukan dan konservasi energy) serta nota kesepahaman di bidang transportasi.

Perdagangan dan Investasi

Menurut Presiden Joko Widodo, Indonesia dan Lithuania menggunakan momentum bersejarah ini untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.

Yang pertama, kerja sama di bidang energi, yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah, dan juga gas. Yang kedua, di bidang informasi dan teknologi, baik pengaplikasiannya dalam transportasi darat maupun di penerbangan, serta di bidang-bidang lainnya.

"Kita juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. Dan, kita juga mendorong agar negoisasi Indonesia dan IEU-Comprehensive Partnership Agreement akan dapat segera diselesaikan," kata Presiden Joko Widodo.

Indonesia, lanjut Presiden, juga telah menyampaikan concern terhadap terus berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa.

"Selain itu, kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diperlakukan secara fair," ujarnya.

Jumlah wisatawan Lithuania yang mengunjungi Indonesia dalam 4 tahun terakhir ini, lanjut Presiden Joko Widodo, meningkat sangat signifikan, yaitu meningkat 183% dari tahun 2013 ke 2016.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi pada kesempatan itu adalah Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Menhub Budi K. Sumadi. 




#Gan/Seskab/Puspen Kemlu

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas