Breaking News

FROG Pukau Publik Chicago Dengan Tampilkan Sinden Terbaik di AS

MWawasan.CHICAGO- Friends of Gamelan (FROG), sebuah kelompok kesenian gamelan Jawa yang berbasis di Chicago, tampil memukau dalam Spring Concert di Hyde Park Union Church (13/5). Menampilkan sinden terbaik di Amerika Serikat, Heni Savitri, FROG mendapatkan standing ovation dari ratusan masyarakat AS yang memadati lokasi acara.

Dengan menggunakan gamelan perunggu Sri Sedana, FROG dan Sinden Heni Savitri membawakan sejumlah langgam, antara lain Sripat Sripit. Selain Sinden Heni, FROG juga berkolaborasi dengan penari ternama, Tri Kumara Siddi, untuk menampilkan Tari Menak Koncar. Gerak tarian yang halus namun lincah membuat para hadirin terhanyut dalam kisah perjuangan ksatria dari Lumajang.

Dalam sambutan di awal acara, Konsul Jenderal RI di Chicago, Rosmalawati Chalid, menekankan nilai filosofis Gamelan sebagai representasi jati diri bangsa Indonesia. "Alunan musik yang tercipta dari berbagai alat dalam Gamelan adalah hasil kerjasama yang baik dan harmonis. Hal ini merupakan simbol dari bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika."

Sebagai informasi, pada Januari 2017, Konjen Rosmalawati mendapatkan kehormatan sebagai konjen Chicago pertama yang diangkat sebagai anggota Board of Directors FROG.

Sejak berdiri 36 tahun yang lalu, FROG telah menjadi mitra KJRI Chicago dalam promosi seni budaya Indonesia di AS. Spring Concert ini sendiri merupakan salah satu upaya FROG dalam melestarikan dan mempromosikan gamelan di kalangan masyarakat Chicago. Diharapkan melalui konser ini, semakin banyak masyarakat AS yang tertarik untuk mempelajari dan mencintai gamelan Indonesia. 





#Gan/Humas KJRI Chicago