Breaking News

203 Operator Sekolah Kota Padang Ikuti Pelatihan Singkronisasi Data

MWawasan.Padang(SUMBAR)~ Dinas Pendidikan Kota Padang, melalui UPTD Data Pokok Pendidikan (Dapodik) selenggarakan pelatihan Singkronisasi Data Dapodik dan Web Dinas Pendidikan Kota Padang yang diikuti Operator Dapodik SMPN/S, dan SD se Kota Padang di hotel Grand Sari, Senin (15/5).
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Danti Arvan didampingi Kepala P2Dapodik Irwan, S.Pd menyerahkan materi pelatihan Singkronisasi Data Dapodik dan Web kepada salah seorang peserta di hotel Grand Sari, Senin (15/5)-*-Irwan Rais

Tujuannya, pelatihan Singkronisasi Data Dapodik Kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Padang Danti Arvan agar para operator SMPN/S dan SD mengikuti perkembangan data di sekolah masing-masing. Sehingga dapat tercipta tata kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk memenuhi kebutuhan pada dunia pendidikan di Kota Padang, maupun nasional.

Data Pokok Pendidikan disingkat dengan Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola UPTD P2Dapodik Dinas Pendidikan Kota Padang yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara on line, kata Danti lagi.

Dapodik juga merupakan aplikasi secara online untuk melihat data pendidikan, sehingga operator sekolah diharapkan mampu mengelola dapodik secara tepat. Dan Dapodik sebuah aplikasi yang perlu dikuasai oleh operator sekolah, sehingga data - data sekolah tersajikan dengan baik. Untuk itu operator sekolah harus menguasai sistim pengisian dapodik secara benar dan tepat.

Sementara ketua pelaksana, Irwan yang juga Kepala UPTD P2Dapodik mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan Singkronisasi Data Dapodik dan Web Dinas Pendidikan Kota Padang ini memberikan informasi terbaru tentang sistem manajemen pendataan pendidikan, dan informasi tentang aplikasi pendataan pendidikan serta sebagai koordinasi antar operator pendidikan untuk menciptakan data dapodik dengan baik.

Sedangkan Situs web Kata Irwan merupakan media informasi kepada masyarakat pendidikan maupun umum yang membutuhkan informasi tentang data kependidikan. Melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data dan statistik pendidikan serta teknologi informasi, selalu diupayakan secara terus menerus untuk menghasilkan data dan informasi yang berkualitas, dalam rangka peningkatan manajemen dan pelayanan pendidikan yang transparan, akuntabel.

Dan pelatihan Singkronisasi Data Dapodik dan Web Dinas Pendidikan Kota Padang yang diikuti Operator Dapodik SMPN/S, dan SD se Kota Padan, 95 orang, Operator Dapodik SMPN/S dan Perwakilan Gugus SD 104 orang, masing-masing gugus mengutus 2 orang.Maka secara keseluruhan berjumlah 203 orang. Pelaksanaan kegiatan di hotel Grand Sari.


#Gan/Humas/rel/Irwan Rais