Breaking

Friday, April 14, 2017

Walikota Jambi Sebut Peran Staf Ahli Tak Sekedar Tempat Parkir

MWawasan.TEBING TINGGI ~ Walikota Jambi Syarif Fasha mampu mengoptimalkan peran Staf ahli di Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan kerja keras Fasha dalam memberikan kewenangan terhadap kapasitas dan kompetensi yang dimiliki oleh staf ahli di Jambi.

"Di Kota Jambi, para Staf Ahli diberikan kewenangan dan fasilitas pendukung yang sesuai dengan kapasitas dan kompetensinya,” ungkap Fasha ketika menjadi narasumber  pada kegiatan Rakor Staf Ahli se-Sumatera Utara, belum lama ini.

Keberhasilan Kota Jambi dalam mengoptimalkan staf ahli semata-mata untuk memperkuat jalannya roda pemerintahan di Jambi.

“Jika diberdayakan dan dioptimalkan dengan baik, Staf Ahli dapat menjadi kekuatan yang luar biasa dalam mendukung jalannya roda pemerintahan. Kami telah membuktikan hal tersebut di Kota Jambi," jelas Fasha.

Dihadapan Staf Ahli gubernur/bupati/walikota se-Sumatera Utara, Wali Kota Fasha memaparkan materi "Optimalisasi Peran Staf Ahli Wali Kota Jambi". Fasha memberikan best practice dan kiat-kiat optimalisasi pemberdayaan Staf Ahli Wali Kota Jambi.

"Pemerintahan adalah business of trust, pemerintahan yang efektif dan dapat diandalkan (reliable) oleh masyarakat adalah pemerintahan yang dapat menjaga kepercayaan masyarakatnya. Oleh karena itu, disanalah peran para staf ahli dalam membantu walikota dalam menjalankan pemerintahan, “ujar Fasha mengawali pemaparannya.

Saat ini menurut Fasha, keberadaan staf ahli di Kota Jambi tidak sekedar posisi tempat parkir (buangan red.) dia menilai sudah menjadi posisi sangat strategis.

Fasha juga menjelaskan penguatan peran atau pemberdayaan Staf Ahli adalah bagian dari penguatan organisasi pemerintah daerah. Ia juga mengatakan peran Staf Ahli tersebut menjadi sangat penting mengingat keterbatasan waktu, intensitas yang tinggi serta kompleksitas persoalan yang dihadapi kepala daerah.

"Kepala Daerah tidak bisa berada di banyak tempat dalam waktu yang bersamaan, tidak semua permasalahan bisa cepat diketahui solusinya, dan tidak semua kegiatan juga bisa ditangani dan diawasi sendiri oleh kepala daerah. Untuk itulah kami sangat membutuhkan peran Staf Ahli untuk semua kegiatan-kegiatan tersebut," jelas Fasha.

Untuk memaksimalkan tugasnya, terang Fasha, Staf Ahli Walikota Jambi juga didukung dengan anggaran kegiatan dalam APBD.

Sementara untuk peran di bidang pengawasan Staf Ahli juga menjalankan fungsi mengawasi kinerja ASN termasuk juga mengawal TAPD dalam mengusulkan KUAPPS.

Berkenaan dengan pembinaan kepegawaian, Staf Ahli Walikota Jambi juga dimintai pertimbangannya, termasuk juga dalam hal promosi dan mutasi jabatan. (Humas/Ferik)


 
#Gan/Humas Kota Jambi

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas