Breaking

Friday, April 21, 2017

Universitas Ghent Siap Tingkatkan Kerja Sama dengan Indonesia

MWawasan.BELGIA~ "Universitas Ghent siap meningkatkan kerja sama dengan Indonesia," ujar Rektor Universitas Ghent (UGent), Anne De Pape, dalam pertemuannya dengan Duta Besar RI untuk Belgia, Yuri Thamrin di Ghent, Rabu 19 April 2017. Pertemuan antara Duta Besar RI dan Rektor UGent dilakukan dalam rangka mengevaluasi kerja sama UGent dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan untuk membahas berbagai potensi kerja sama lainnya di masa yang akan datang.

Duta Besar RI menyampaikan bahwa UGent merupakan salah satu universitas favorit bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin studi di Belgia. Umumnya mahasiswa Indonesia yang mengambil program doktoral dan magister mengincar jurusan-jurusan unggulan di UGent, seperti engineering, bio-engineering, kedokteran, pertanian dan lainnya.

Duta Besar RI juga menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik selama ini dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dan harapan agar kerja sama ini dapat terus ditingkatkan.

Sebagai langkah ke depan, Duta Besar RI mendorong UGent untuk meningkatkan profilnya di kalangan mahasiswa di Indonesia, agar dapat menjadi tujuan pendidikan tinggi dari tingkat sarjana hingga doktoral. Selain itu, Duta Besar RI mengharapkan agar civitas academica UGent dapat semakin mengenal Indonesia.

Disampaikan bahwa Festival Europalia Indonesia 2017, merupakan pagelaran seni budaya terbesar di Eropa akan berlangsung di Belgia dan beberapa negara Eropa lainnya dari Oktober 2017 hingga Januari 2018, dapat menjadi kesempatan yang baik bagi warga UGent untuk mengenal lebih baik Indonesia.

Beberapa pagelaran seni budaya tersebut juga akan berlangsung di Ghent, dan untuk itu diharapkan agar Rektor UGent dapat membantu mempromosikan Festival dimaksud. Selain itu Duta Besar RI juga mengusulkan dibentuknya Indonesian alumni association – UGent, untuk mewadahi alumni UGent asal Indonesia.

Saat ini terdapat 113 mahasiswa Indonesia di Belgia, mayoritas yang berjumlah 43 orang menempuh studi di UGent. Berdasarkan berbagai sistem ranking universitas dunia, UGent selalu masuk dalam top 100 dan beberapa program studi unggulannya juga masuk dalam top 100. 


#Gan/ip/pen/kbribrussel

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas