Breaking News

Pengibaran 109 Bendera Asia Afrika Tandai Peringatan KAA

MWawasan.BANDUNG~ Sebanyak 109 bendera negara Asia Afrika dan 1 bendera PBB telah dikibarkan oleh 430 anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung dalam upacara pembukaan Peringatan 62 Tahun KAA di Jalan Ir. Soekarno (red - eks Jalan Cikapundung Timur) di sisi barat Museum KAA-Gedung Merdeka. 

Upacara pengibaran bendera ini berlangsung pada Selasa, 18 April 2017. Pengibaran itu menandai dimulainya rangkaian acara Peringatan 62 Tahun KAA yang rencananya digelar selama sepekan di Museum KAA.

Tampak hadir dalam acara itu antara lain Duta Besar Teiseren Foun Cornelis, Direktur Diplomasi Publik Kemlu Al Busyra Basnur, dan Kepala Museum KAA Meinarti Fauzie. Selain itu,  sejumlah mitra kerja Museum KAA dan komunitas Sahabat Museum KAA turut hadir pula.

Duta Besar Teiseren Foun Cornelis dalam sambutannya mengutip pernyataan Presiden Soekarno saat membuka KAA 62 tahun silam di Bandung, "Semangat Solidaritas Asia Afrika yang membara dalam pidato Presiden Soekarno begitu terasa ketika Beliau menyatakan 'Live and Let Live'. Marilah kita hidup damai berdampingan dan penuh toleransi. Pesan itu menggugah bangsa Asia Afrika untuk bersatu dan menggelorakan semangat menjadi bangsa yang merdeka dalam menentukan nasibnya," ucapnya.

Semangat itu, menurut Duta Besar Teiseren Foun Cornelis, juga telah mengilhami kerja sama Selatan-Selatan dengan berbagai program capacity building.

Meski berlangsung singkat, namun upacara berjalan khidmat. Saat bendera-bendera 109 negara Asia Afrika dan 1 bendera PBB dikibarkan, serentak para peserta upacara bersikap hormat dan kemudian menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pekikan 'Merdeka' terdengar lantang dari barisan peserta upacara usai upacara berakhir.

Acara pembukaan Peringatan 62 Tahun KAA itu diakhiri dengan penampilan orkes barisan SMP Negeri 12 Kota Bandung. Hingga berita ini diturunkan, masyarakat masih terus datang bergelombang dari segala penjuru arah menuju kawasan Museum KAA-Gedung Merdeka untuk mengabadikan momen istimewa 109 bendera negara Asia Afrika dan 1 bendera PBB.

Setelah Upacara Pengibaran Bendera, rangkaian kegiatan Peringatan 62 Tahun KAA yang berlangsung hingga tanggal 24 April dilanjutkan dengan kegiatan sarat nilai-nilai KAA lainnya yaitu Jamuan Teh Petang bersama Saksi Sejarah KAA (20/4), International Students Gathering (21/4), Kegiatan Sosial Donor Darah (21/4), Bandung Historical Study Games (22/4), Panggung Asia Afrika (22/4), Senam 1000 anak (23/4), dan sebagai penutup pada tanggal 24 April Museum KAA akan melaksanakan Upacara Penurunan Bendera 109 negara KAA dan bendera PBB. 



#Gan/Humas Museum KAA

No comments