Breaking

Thursday, April 20, 2017

Kemendagri Imbau Daerah Fokus Susun Laporan Pertanggungjawaban Keuangan

MWawasan.JAKARTA~ Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah (Ditjen Keuda) mengimbau daerah untuk fokus dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah (P2KD) Syarifuddin dalam kegiatan Asistensi Penyusunan Ranperda dan Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2016, Selasa (18/4).

Disamping itu, Syarifuddin juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang diharapkan mampu untuk membangun pola pikir.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, dan kami harapkan dapat dibangunnya pola pikir dan tindakan serta kebersamaan antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota secara sinergis”, ungkap Syarifuddin.

Terbitnya Permendagri No. 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Evaluasi Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Dan Ranperkada Tentang Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD menjadi dasar agar pemda fokus dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Disamping fokus, daerah diminta untuk memperhatikan regulasi yang berkaitan, antara lain PP No 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan. Dalam Permendagri tersebut mengamanatkan informasi keuangan negara yang meliputi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dilengkapi dengan informasi Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (SAL), Laporan Arus Kas, Laporan Realisasi  Anggaran dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Peserta yang mengikuti acara asistensi ini berasal dari Inspektorat Provinsi, Kepala Sekretariat Dewan Provinsi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi, Kepala Bagian/Bidang Akuntansi pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Kepala Bagian/Kepala Bidang yang Membidangi Pembinaan Laporan Keuangan Kabupaten/Kota, Kepala Bagian/Bidang Anggaran dan Sekda Kabupaten/Kota.



#Gan/Humas Puspen Kemendagri/Ditjen Bina Keuda

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas