Breaking News

Evakuasi Kepulangan TKI dari Yaman ke Indonesia Lewat Oman

Evakuasi Kepulangan WNI TKI a.n. Sdr. Agung Samsudin dari Yaman ke Indonesia Lewat Salalah, Oman
MWawasan.Salalah~ Proses evakuasi WNI keluar dari wilayah Yaman masih terus berlangsung. KBRI Sana'a telah mengkoordinasikan dan membantu proses evakuasi kepulangan satu orang WNI TKI bernama Sdr. Agung Samsudin keluar Yaman ke Indonesia melalui Salalah, Kesultanan Oman.

Sdr. Agung Samsudin bekerja di kota Mukalla ibukota Provinsi Hadramaut, Yaman sebagai tenaga ahli pijat refleksi di klinik milik seorang WNA Yaman bernama Sdr. Thalib Husen Umar Bakuban. Yang bersangkutan telah bekerja di Yaman sejak bulan Agustus 2016 atau kurang lebih selama 8 (delapan) bulan.

Proses evakuasi dimulai pada hari Selasa, 18 April 2017 dimana yang bersangkutan berangkat dari kota Mukalla menggunakan transportasi darat menuju kota Tarim, Provinsi Hadramaut.  Selanjutnya pada hari Kamis, 20 April 2017, Sdr. Agung Samsudin berangkat dari Tarim dengan Bus Gulf Transport Company (GTC) menuju Salalah melalui perbatasan Mazyunah-Oman.

Pada hari Jumat, 21 April 2017 dini hari, yang bersangkutan tiba di perbatasan Shahn, Provinsi Mahra, Yaman dijemput dan dibantu proses keimigrasian di kantor Imigrasi Shahn oleh Tim KBRI Sana'a. Pada pagi harinya, Sdr. Agung Samsudin didampingi Tim KBRI Sana'a tiba di perbatasan Mazyunah, Oman dan Tim KBRI Sana'a membantu proses keimigrasian masuk Kesultanan Oman. Selanjutnya, yang bersangkutan bersama Tim KBRI Sana'a melanjutkan perjalanan ke shelter KBRI Sana'a di Faris Apartment Building I, Salalah, Oman.

Selama berada di shelter KBRI Sana'a, yang bersangkutan telah difasilitasi dengan baik. Yang bersangkutan juga diberikan kesempatan untuk menghubungi keluarga yang berada di Indonesia untuk mengkoordinasikan rencana kepulangan.

Selanjutnya pada hari Senin, 24 April 2017 dini hari, KBRI Sana'a mengantar dan membantu proses check-in serta keimigrasian Sdr. Agung Samsudin di Bandara Internasional Salalah, Oman untuk selanjutnya berangkat ke Indonesia. Yang bersangkutan telah tiba di Indonesia pada malam harinya.


#Gan/Humas Puspen Kemendagri

No comments