Breaking News

Canggih, Alat Pembaca KTP el Mudahkan Tangkap Pemilik KTP el Palsu

MWawasan.JAKARTA~ Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terus mengajak lembaga dan instansi terkait untuk menggunakan alat pembaca (card reader) KTP el. Lantaran keberadaan card reader dapat mendeteksi pemilik KTP el palsu atau tidak.

Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh ketika melangsungkan kerja sama dengan BCA Finance di Jakarta, Kemarin, Kamis (21/4).

“Dengan card reader walaupun diluarnya nama saya( Zudan-red) kalau chipnya nama Pak Roni Haslim (Direktur BCA Finance-red) nanti yang akan keluar fotonya Pak Roni Haslim maka tinggal tangkap saja orang yang memalsukan itu,” ungkap Zudan mencontohkan.

Dia menambahkan saat ini pemerintah terus melakukan perubahan-perubahan dan memanfaatkan teknologi dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Maka dari itu Zudan berharap dengan adanya kolaborasi dengan BCA Finance dapat mempermudah pelayanan.

Zudan pun juga menyarankan BCA Finance untuk memiliki card reader. Dalam artian, ketika para nasabah datang cukup dengan menempelkan KTP el. Sehingga mudah dalam mendeteksi keaslian si pemilik KTP el.

“Jadi, debit BCA Finance nanti kami sarankan  memiliki card reader. Jadi kalo orang datang, tidak perlu mengisi buku tamu tempelkan saja KTPnya disitu keluar gambarnya. Ini kemajuan teknologi yang kita gunakan untuk memudahkan hidup kita,” ungkap Zudan.

BCA Finance menjadi instansi yang ke-207 yang bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil dalam pemanfaatan data kependudukan, NIK, dan KTP-el. Selain itu, juga terdapat 32 lembaga/kementerian yang sudah bekerjasama dengan Kemendagri.



#Gan/Humas Puspen Kemendagri/Ditjen Dukcapil Kemendagri

No comments