Breaking

Saturday, March 25, 2017

Mendagri Berharap Pelantikan Komisioner KPU dan Bawaslu Tepat Waktu

MWawasan.JAKARTA ~ Terkait dengan pemilihan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  periode 2017-2022, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap diadakan pelantikan sesuai dengan tenggat waktu yakni 12 April 2017.

Maka dari itu, Mendagri berharap nama-nama calon anggota komisioner KPU dan Bawaslu yang lulus fit and proper test tersebut dapat diterima sebelum tanggal 12 April 2017.

“Kami mengharapkan jadwal fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) DPR dan kemudian keputusannya, disampaikan kepada Presiden, dapat pemerintah terima melalui Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara) sebelum tanggal 12 April 2017. Pemerintah mengharapkan selesai sekitar tanggal 10 April 2017,” kata Tjahjo, kemarin, Kamis (23/3).

Dalam sesi konsinyering, kata Tjahjo, beredar sejumlah usulan untuk syarat anggota KPU-Bawaslu. Mulai dari jumlah anggota, strata pendidikan hingga usulan agar anggota KPU-Bawaslu boleh merupakan kader partai politik.

Namun, masukan tersebut masih harus dihimpun dan dibawa melalui tahapan yang cukup panjang. Mulai dari pembahasan di tingkat panitia kerja (Panja), dibawa ke tim perumus, tim sinkronisasi, dan kemudian dibawa ke rapat paripurna.

"Pak ketua (Pansus) tadi menghimpun masukan. Bisa ada 10 putusan di sini. Di paripurna juga bisa berubah," tuturnya. (*)

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas